Menpan RB Tjahjo Kumolo Meninggal Dunia, Ini Profil dan Kiprahnya

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • Cahyo Edi/VIVAnews.

VIVA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan RB, Tjahjo Kumulo, dikabarkan meninggal pada Jumat 1 Juli 2022. Tjahjo meninggal karena sakit.

Viral Wanita Ini Bawa Mayat Pamannya Buat Pinjam Uang ke Bank

Diketahui, nama Tjahjo mulai dikenal masyarakat di dunia politik saat ia menjabat sebagai anggota DPR dari Golkar pada pemilu 1987 silam. Karier politiknya mencapai puncak pada saat menjadi Menteri Dalam Negeri dan kini menjabat sebagai Menteri PAN RB.

Tjahjo merupakan Pria kelahiran Solo, 1 Desember 1957. Dia anak dari pasangan Bambang Soebandiono dan Toeti Slemoon. Bapaknya adalah veteran perjuangan kemerdekaan.

Adu Banteng Pick Up Dengan Dua Motor di Citayam, Seorang Meninggal Dunia

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Hidup Tjahjo Kumolo banyak di Semarang, Jawa Tengah. Dari SD hingga kuliah di Kota Semarang. Tjahjo terpilih sebagai Anggota DPR pada usia relatif muda, dan dia juga aktif di berbagai organisasi, seperti Pemuda Panca Marga (PPM) dan di Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Sempat Membaik Sebelum Meninggal, Kondisi Ibu Angger Dimas Drop Lagi Sejak Kematian Dante

Pada Orde Baru, Tjahjo menjadi anggota DPR dari Golkar, pada usia 30 tahun. Pada Pemilu 1992, dia terpilih kembali sebagai anggota DPR RI dari Partai Golkar.

Perubahan angin politik nasional, peralihan Orde Baru ke Era Reformasi, pada tahun 1998, membuat Tjahjo pindah ke PDI Perjuangan. Digelarnya kembali Pemilu 1999, Tjahjo bertarung menjadi anggota dewan dari PDI Perjuangan.

Hasilnya tetap mengantarkan Tjahjo ke Senayan. Sejak itu dengan bendera PDIP dia berturut-turut menjadi anggota DPR dari PDIP hingga pemilu 2014.

Kariernya di PDIP juga melesat. Meski termasuk orang baru, dia bisa masuk orang kepercayaan Megawati Soekarnoputri. Kariernya di PDIP dimulai sebagai direktur SDM Litbang. Kepercayaan Megawati kepadanya, Tjahyo diminta menjadi ketua pemenang pemilu hingga, ketua fraksi hingga menjadi sekjen PDIP.

Kesabaran dan konsistensi Tjahyo dalam mendampingi Megawati, berujung kemenangan. Pada Pilpres 2014, calon presiden dari PDIP menang. Presiden terpilih Jokowi meminta Tjahjo membantunya sebagai Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Kerja 2014-2019.

Kemudian pada Pemerintahan kedua Jokowi, Tjahjo kembali dipercaya sebagai Menteri. Kali ini Dia menjabat sebagai Menteri PAN RB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya