Ini WhatsApp Center Layanan Haji, Bisa Diakses 24 Jam

WA Center Layanan Haji Kementerian Agama Republik Indonesia
Sumber :
  • Humas: Kemenag RI

VIVA – Sebentar lagi, para jemaah haji 2022 akan segera melaksanakan puncak haji, tepatnya akan dimulai saat wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah 1443 H atau 8 Juli 2022. 

Apple Deletes WhatsApp from App Store in China

Dengan banyaknya jemaah haji, informasi yang tumpang tindih, tentu membuat Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah ingin semua jemaah haji mendapat pelayanan yang baik, dengan menyediakan beragam fasilitas untuk memudahkan jemaah haji Indonesia.

Salah satunya adalah menyediakan layanan WhatsApp Center Haji. Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo, memaparkan melalui Media Center Haji, bahwa WhatsApp Center ini dibuat untuk mempermudah jemaah haji atau masyarakat untuk mendapatkan informasi terkini mengenai pelaksanaan ibadah haji. 

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

WA Center Layanan Haji Kementerian Agama Republik Indonesia

Photo :
  • Humas: Kemenag RI

“Untuk memudahkan jemaah dan masyarakat dalam mengupdate informasi, sekaligus mendekatkan layanan kepada mereka,” ujar Wibowo. Layanan ini bisa diakses selama 24 jam dan sebisa mungkin menjawab semua pertanyaan yang diajukan. 

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

Salah satu yang menjadi admin WhatsApp Center tersebut adalah pria bernama Rifqan Faizin, yang tinggal di Arab Saudi. "Saya bertugas menjawab segala pertanyaan dari jemaah dan keluarga jemaah yang ada di Indonesia," ujar Rifqan kepada Media Center Haji (MCH) di Kantor Urusan Haji, Jeddah, Sabtu, 25 Juni 2022.

Rifqan berkata bahwa ia menjawab 30 - 40 pesan setiap harinya, dan di awal musim haji, ia bisa menjawab 50 pesan dalam sehari. Ia berkata bahwa sebisa mungkin ia menjawab semua pertanyaan yang masuk, "Kami menjawab segala pertanyaan yang ada, baik yang iseng, aduan, sebisa mungkin kita jawab. Yang penting, pertanyaan tersebut jangan sampai diabaikan," jelas Rifqan.

WA Center juga memiliki kategorisasi untuk pesan-pesan yang masuk. Mulai dari informasi seputar pendaftaran haji, penggunaan aplikasi Haji Pintar, dan pertanyaan kabar jemaah di Arab Saudi. "Misalnya, per tahun ini, jemaah wajib memiliki tasreh untuk memasuki Raudhah. Banyak yang menanyakan bagaimana prosedur masuk ke Rauhhah," terang Rifqan.

Nah, bagi keluarga atau jemaah haji yang ingin bertanya dan mendapat informasi seputar haji, bisa menghubungi di WhatsApp di nomor +966 503500017

Langit gelap di Kota Suci Mekkah.

Photo :
  • Arabia Weather

Musim haji 2022 sudah dimulai sejak awal bulan Juni, kloter pertama sudah berangkat ke Tanah Suci pada 4 Juni 2022 lalu dan akan berakhir di bulan Juli. Pelaksanaan ibadah haji sempat tertunda selama dua tahun, yaitu di 2020 dan 2021 saat pandemi Covid-19 melanda dunia. 

Kuota haji Indonesia pada 1443 H/2022 M berjumlah 100.051 jamaah, terdiri atas 92.825 jamaah kuota haji reguler dan 7.226 jamaah kuota haji khusus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya