Mahfud MD Lepas Jenazah Tjahjo Kumolo, Mensesneg Irup Pemakaman

Mensesneg Pratikno.
Sumber :
  • DPR

VIVA – Menko Polhukam, Mahfud MD dan Mensesneg, Pratikno akan menjadi Inspektur Upacara (Irup) dalam prosesi pemakaman Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan-RB, Tjahjo Kumolo.

Pertemuan Presiden Jokowi dengan Paus Fransiskus Tengah Dibahas Kemenlu, Menurut Mensesneg

Sekretaris Kemenpan-RB, Rini Widyantini menerangkan, jenazah Tjahjo Kumolo akan dishalatkan terlebih dahulu di Masjid Quba, di kompleks kantor Kemenpan-RB, di Jalan Jenderal Sudirman. Kemudian, akan ada prosesi penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada negara. 

Kata Rini, prosesi penyerahan jenazah akan dipimpin langsung oleh Mahfud MD sebagai Inspektur Upacara. Setelahnya, jenazah Tjahjo Kumolo akan langsung dibawa ke Taman Makan Pahlawan Nasional Umum Kalibata untuk dimakamkan secara militer. 

Kata Pratikno soal Dititipkan Jokowi untuk Masuk Kabinet Prabowo: Enggak Lah

"Kemudian kami menginformasikan yang akan menjadi Irup di kantor Kemenpan ialah Menkopolhukam Mahfud MD. Dan yang menjadi Irup di Taman Makam Pahlawan ialah Mensesneg Pratikno," ungkap Rini dalam konferensi pers di kantor Kemenpan-RB, Jumat, 1 Juli 2022.

Diketahui, sebelum menjadi Menpan RB, Tjahjo pernah ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia pada tahun 2019. Lalu ia pernah dipilih menjabat Menteri Dalam Negeri ke-28. 

Pratikno Lantik Bey Machmudin Jadi Staf Ahli Komunikasi Politik

Aktif malang-melintang di dunia politik, ternyata dirinya sudah berkecimpung sejak lulus kuliah dari Universitas Diponegoro saat usia 28 tahun. Awalnya Tjahjo mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI pada tahun 1987 dari Partai Golkar dan terpilih di umurnya yang terhitung masih muda.  

Selama 10 tahun lebih dia berkontribusi bersama Golkar sampai pada era Reformasi tepatnya pada tahun 1998, Tjahjo memutuskan untuk pindah ke PDI Perjuangan. Bersama PDIP, ia bahkan berhasil hingga 6 periode berturut-turut menjadi anggota DPR sampai Pemilu 2014.

Karier Tjahjo di PDIP dimulai dari menjabat sebagai direktur SDM Litbang, ketua fraksi, hingga Sekjen. Ia juga kerap dipilih sebagai ketua atau pakar dalam berbagai kepengurusan partai. Berikut daftar jabatan Tjahjo selama berkarier di dunia politik.

Lalu pada Pilpres 2014, calon presiden dari PDIP yaitu Joko Widodo (Jokowi) menang. Peristiwa ini mengantarkan Tjahjo sebagai Menteri Dalam Negeri Kabinet Kerja 2014-2019. Pada pemerintahan kedua Jokowi, ia dipercaya sebagai Menpan RB.

Menpan-RB, Tjahjo Kumolo dikabarkan meninggal dunia. Tjahjo meninggal dunia pada hari Jumat 1 Juli 2022. Tjahjo dikabarkan meninggal pada pukul 11.10 WIB. 

Berdasarkan informasi yang diterima Viva, Tjahjo meninggal di RS Abdi Waluyo, Jakarta. Sebelum wafat, Tjahjo Kumolo dikabarkan tengah jatuh sakit. Tjahjo dikabarkan harus menjalani perawatan secara intensif.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya