Kenangan Gibran Bersama Tjahjo Kumolo, Humble dan Penikmat Kuliner

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Wali Kota Solo, Gibran Rakabyming Raka mengenang sosok Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo merupakan sosok yang sederhana. Bahkan, putra sulung Presiden Jokowi itu pernah menemuinya saat sedang jajan soto sambil berbaur dengan warga.

SKYEGASM Senses Experience: Sensasi Kulineran Padukan Rasa, Aroma, Sentuhan dan Pandangan

Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada Jumat 1 Juli 2022 di RS Abdi Waluyo, Jakarta. Almarhum dimakmkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata Jakarta Selatan, sore tadi.

Pertemuan Gibran dan Tjahjo di salah satu warung soto di Solo itu, ketika dirinya belum terjun ke dunia politik. Saat itu, ia sedang makan soto di warung soto Bati’ah yang terletak di Jalan Samrutalngi No.33 Manahan, Banjarsari, Solo. Ia pun kaget saat mengetahui seorang menteri memilih jajan di warung soto itu.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

Pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

“Kaget kok ada seroang menteri di warung soto Bati’ah dan bercampur dengan (pembeli) lainnya. Orangnya sangat humble,” kata Gibran di Solo, Jumat, 1 Juli 2022.

Seratus Kementerian Pun Tak Masalah jika untuk Akselerasi Kinerja, Menurut Pakar Politik

Selain itu, Gibran juga mengungkap sisi lain dari Mendagri 2014-2019 itu. Menurutnya, Tjahjo merupakan sosok menteri yang senang berburu kuliner ketika melakukan kunjungan kerja di suatu daerah.

“Beliau memang senang jajan. Nek pas (kalau saat) jam istirahat kantor atau seminar langsung jajan seperti di sate Bejo. Itu yang terakhir ketika berkunjung ke Solo,” kata Gibran.

Seperti diketahui, mantan Sekjen DPP PDIP itu terakhir kali kunjungan kerja ke Solo untuk menghadiri Musrenbang Kejaksaan RI tahun 2022 di Hotel The Sunan Solo . Gibran pun mengakui pertemuan dalam acara tersebut menjadi pertemuan terakhir kalinya.

“Saya turut berbelasungkawa. Semoga husnul khatimah dan keluarga diberi kekuatan, amin,” kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya