Cerita Omat Si Penggali Kubur Tjahjo Kumolo

Pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo
Pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Terdapat 9 pekerja yang sedang menggali kubur sebagai tempat peristirahatan terakhir Tjahjo. Jenazah Tjahjo rencananya akan dimakamkan di Blok Z TMP Kalibata.

Salah satu petugas makam yaitu Omat mengaku bangga bisa memberikan penghormatan terakhir kepada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo.

"Satu kebanggaan ya kita bisa menggali makam beliau. Terutama saya, untuk bisa kerja di sini juga sebuah kebanggaan," kata Omat di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat 1 Juli 2022.

Pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo

Pemakaman Menpan RB Tjahjo Kumolo

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Selain itu, Omat hanya mengetahui sosok Tjahjo Kumolo selama ini dari sejumlah media massa saja. Seperti tv, koran dan internet. Namun hari ini, dia berkesempatan menggali liang kubur untuk tokoh nasional tersebut.

"Dulu cuma tahunya kan beliau ada di berita, majalah, tv, sekarang bisa langsung memakamkan. Pokoknya kebanggan buat saya," ujar Omat.

Kemudian, kata Omat, terkait prosesi penggalian makam, dia menegaskan tak ada perbedaan dengan kuburan lainnya di TMP Kalibata. Namun sempat terkendala soal tekstur tanah yang keras, mengingat penggalian dilakukan saat siang hari.