3 Anggota Polisi Pilihan Peraih Hoegeng Awards 2022

Acara Hoegeng Awards 2022
Sumber :
  • VIVA / Yeni Lestari

VIVA Nasional – Hari Bhayangkara ke-76 yang bertepatan pada hari ini, Jumat, 1 Juli 2022 turut dimeriahkan dengan penghargaan bertajuk Hoegeng Awards 2022. Ajang ini diselenggarakan sebagai bentuk penghargaan untuk anggota Polri yang berprestasi. 

4 Jenderal yang Berani Menentang Soeharto, Keluarga Dipersulit hingga Dicopot Jabatan

Tercatat, ada tiga anggota Polri yang memenangkan penghargaan dari kategori berbeda-beda. Tiga anggota Polri tersebut yaitu, Aipda Rohimah, Brigjen Eko Rudi Sudarto, dan Irjen Akhmad Wiyagus.

Dalam ajang Hoegeng Awards 2022, Aipda Rohimah selaku Kanit Binmas Polsek Muara Gembong memenangkan kategori Polisi Berdedikasi. 

Kisah Jenderal Hoegeng, Sosok Polisi Sejati Indonesia

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo

Photo :
  • Polri

Wanita yang akrab disapa Mpok Imeh itu terpilih karena sosoknya yang berjiwa sosial tinggi dan hidup dengan sederhana. Ia juga dikenal sebagai polisi yang dekat dengan masyarakat dan kerap membantu masyarakat kaum duafa yang kurang beruntung melalui pembentukan program Gerakan Seribu Koin atau Geserin.

Ganjar Sowan ke Istri Jenderal Hoegeng di Depok: Urusan Ibu dan Anak

Selain Aipda Rohimah, ada pula sosok polisi lain yang menerima penghargaan dalam ajang Hoegeng Awards 2022. Ia merupakan Wakapolda Papua, Brigjen Pol Eko Rudi Sudarto yang memenangkan kategori Polisi Inovatif. 

Ia memenangkan kategori tersebut karena telah membuat satu gebrakan baru untuk memberdayakan masyarakat Papua agar lebih mandiri. Dalam kesehariannya, ia juga turut mengedukasi masyarakat Papua agar tidak tertarik untuk atas propaganda Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). 

Eko juga memiliki program unggulan sehingga terpilih menjadi Polisi Inovatif. Melalui programnya itu, Eko memberdayakan masyarakat Papua walau di tengah ancaman teror KKB dengan mengedepankan sosial dan budaya, agar kehadiran polisi bisa diterima baik oleh masyarakat di Papua.

Dalam aspek sosial dan ekonomi, sosok Brigjen Eko Rudi juga turut menorehkan sejumlah langkah besar. Salah satunya dengan memberikan pelatihan ternak kepada warga Papua.

Sosok polisi terakhir yang berhasil meraih penghargaan Hoegeng Awards 2022 yaitu Irjen Akhmad Wiyagus selaku Kapolda Gorontalo. Ia meraih kemenangan dalam kategori Polisi Berintegritas.

Sebelum memenangkan penghargaan ini, Akhmad Wiyagus masih menjabat sebagai Kapolda Gorontalo. Hingga akhirnya kini ia berpindah dan memimpin wilayah Lampung.

Diketahui, Akhmad Wiyagus ini merupakan mantan pegawai KPK. Sosoknya dikenal bawahan dan koleganya sebagai sosok polisi yang antisuap dan tidak bisa didikte. Hal inilah yang menjadikannya terpilih menjadi pemenang kategori Polisi Berintegritas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya