Layani Perjalanan Jemaah Haji Indonesia, Dirut Garuda: Bernilai Ibadah

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA – Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengungkapkan pengalamannya melayani penerbangan jemaah haji Indonesia. Dia mengakui, jemaah haji merupakan penumpang yang unik. 

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

"Kami mengingatkan ke seluruh tim di Garuda baik yang di embarkasi maupun Jeddah, bahwa penumpang ini (jemaah haji) unik, mereka belum pernah terbang dan ini kali pertama," ujar Irfan saat ditemui tim Media Center Haji, Jumat 1 Juli 2022.

Irfan pun menambahkan, dirinya meminta timnya untuk banyak berempati terhadap para jemaah haji Indonesia yang menjadi penumpang mereka. Sebab ini bukan perjalanan biasa, tapi juga bernilai ibadah.

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

"Kami mengingatkan kepada mereka (tim Garuda), bahwa ini bukan perjalanan biasa. Jika penumpang senang, jadi pahala buat kita," kata Irfan.

Jemaah haji Indonesia tiba di Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah.

Photo :
  • MCH / Zaky Al Yamani
Belum Haji Bolehkah Dipanggil Pak Haji? Begini Buya Yahya Menjelaskan

Dirut Garuda mengapresiasi penyelenggaraan haji tahun ini. Soalnya, di tengah keterbatasan dan waktu yang mepet, penyelenggaraan ibadah haji bisa berjalan lancar.

"Di balik keterbatasan waktu dalam mempersiapkan ini, proses di bandara sangat lancar berkat dukungan dari Kemenag dan otoritas di Bandara Jeddah, baik itu imigrasi dan bea cukai," ujar Irfan.

Meski demikian, Irfan mengakui ada beberapa penundaan (delay), salah satunya yang disebabkan oleh kerusakan pesawat di Madinah dan memiliki implikasi ke salah satu embarkasi.

"Namun berkat pengertian dan dukungan teman-teman, kami bisa menangani dengan baik tanpa menimbulklan gejolak. Ini terbantu dari antusias cukup tinggi dari para jemaah sehingga banyak pengertian dari mereka," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya