Pengamat Sebut Ahok hingga Ganjar Berpotensi Jadi MenPAN-RB

Bendera Setengah Tiang di Kantor Kementerian PAN-RB
Sumber :
  • VIVA/ Yeni Lestari

VIVA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo telah wafat di Jakarta pada Jumat 1 Juli 2022. Tentunya posisi Menpan RB yang ditinggalkan Tjahjo Kumolo menjadi sorotan publik.

Ganjar Beri Sinyal PDIP di Luar Pemerintahan, Gerindra Tetap Ajak Bersama-sama

Menyoroti hal tersebut, Direktur Eksekutif Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa menyampaikan analisisnya. Dia menilai sosok yang akan menggantikan Tjahjo berasa dari kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

"Yang jelas pengganti almarhum Tjahjo Kumolo dari PDI Perjuangan," kata Herry dalam keterangannya saat dihubungi, Sabtu 2 Juli 2022.

Petinggi PPP Minta Pimpinan Realistis Segera Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Lanjut Herry, dia mengungkapkan beberapa sosok yang berpotensi menggantikan Tjahjo Kumolo di kursi Menpan RB.

Dia mengatakan bahwa Wakil Ketua MPR RI Ahmad Basarah, Mensos Tri Rismaharini, Komut Pertamina Basuki Tjahja Purnama (Ahok), hingga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dapat dijadikan sebagai pilihan rasional pengganti Tjahjo Kumolo.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

"Ada Ahmad Basarah, Risma, Ahok, atau mungkin Ganjar ya. Saya kira bisa mengisi posisi Menpan RB selanjutnya," ucapnya.

Sementara itu, Herry juga melihat adanya potensi digesernya Menteri Sosial, Risma pada posisi tersebut. Herry melihat berdasarkan latarbelakang dari Risma.

"Mensos Risma juga cocok menempati Menpan RB, latarbelakangnya kan birokrat, teknokrat juga, pernah jadi Walikota dan sekarang Mensos, saya pikir bisa dipertimbangkan," ujar Herry.

Sedangkan Ahok dan Ganjar, kata Herry, mereka juga menjadi pilihan rasional ketika kursi Menpan RB saat ini kosong. Dia melihat kinerja Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta beberapa waktu lalu serta Ahok juga pernah menjabat sebagai kepala daerah dan anggota DPR RI di komisi II bidang pemerintahan.

Disamping itu, Herry juga melihat potensi yang dimiliki oleh Ganjar Pranowo. Ganjar bisa jadi pilihan Jokowi untuk menggantikan Tjahjo Kumolo.

"Termasuk Ganjar juga ya pernah di DPR RI Komisi 2, Gubernur Jateng 2 periode, pengalaman karir mendukung dirinya bisa jadi Menpan RB. Hal ini juga sekaligus bisa menjadi win-win solution untuk menghilangkan stigmatisasi publik khususnya pendukung Ganjar yang selama ini didiskriminasikan dan disepelekan di PDI Perjuangan," tutur Herry.

Baca juga: Cerita Omat Si Penggali Kubur Tjahjo Kumolo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya