Menag Yaqut Tiba di Arab Saudi

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas Tiba di Arab Saudi
Sumber :
  • VIVA/ Zaky Al-Yamani

VIVA – Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas tiba di King Abdulaziz International Airport (KAIA) Jeddah, Arab Saudi, Senin dini hari 4 Juli 2022 sekitar pukul 01.00 WAS. Menag akan menjadi Amirul Hajj jemaah Indonesia di musim haji 2022.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menag dan rombongan disambut Dubes RI untuk Arab, Abdul Aziz Ahmad, Dirjen PHU (Penyelenggara Haji dan Umroh) Hilman Latief, Kepala KUH (Kantor Urusan Haji) Nasrullah Jasam, dan Kepala PPIH Arab Saudi Arsad Hidayat.

Kepada tim MCH Daker Bandara, Menag mengaku senang menyaksikan para jemaah haji Indonesia sangat antusias jelang melaksanakan ibadah haji.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

"Saya datang kloter terakhir dan dari belakang saya menyaksikan jemaah semua terlihat senang, semua sumringah, semua gembira. Mudah-mudahan ini bertahan hingga mereka pulang," kata Menag.

Menag tidak memungkiri, penyelenggaran ibadah haji tahun ini berjalan baik tidak terlepas dari bantuan banyak pihak. Khususnya dari Kerajaan Arab Saudi yang memberikan kemudahan-kemudahan kepada Indonesia.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

"Saya bersyukur pelayanan semakin baik. Saya juga berterima kasih kepada Raja, putra mahkota, menteri haji (Arab Saudi) yang memberikan kita banyak kemudahan yang berdampak sangat baik kepada pelayanan kita kepada jemaah," jelas Menag.

"Di Indonesia, kita juga banyak dibantu oleh Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia yang sangat kooperatif. Bahkan sampai sebelum saya berangkat, kita masih telepon-teleponan," katanya.

Diakui Menag, bahwa pihak Arab Saudi mempermudah jemaah haji dalam melaksanakan ibadah haji pada tahun ini.

"Mereka (pihak Arab Saudi) memberikan fasilitas yang dibutuhkan jemaah kita untuk beribadah lebih lancar dan lebih baik," ujar Menag.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya