Profil Ahyudin, Pendiri ACT yang Diterpa Isu Penyalahgunaan Dana

Ahyudin Pendiri ACT
Sumber :
  • Tangkapan Layar: YouTube

VIVA Nasional – Sosok Ahyudin pendiri Aksi Cepat Tanggap (ACT) tengah menjadi sorotan usai lembaga sosial tersebut diterpa isu miring soal penyelewengan dana umat. ACT mendadak jadi pembicaraan hangat di media sosial setelah muncul dugaan penyelewengan dana umat. ACT sendiri adalah sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan. 

Rupiah Melemah, OJK Kasih Tips Emak-emak Kelola Keuangan

Kegiatan yang dilakukan oleh yayasan ini dimulai dari kegiatan tanggap darurat, program pemulihan pascabencana, sampai program berbasis spiritual seperti Qurban dan Wakaf. Selain itu, mereka juga turut mendukung jejaring aksi kemanusiaan nasional dan internasional. Kini, akun Instagram resmi ACT tampak membatasi komentar. 
 

Ahyudin Pendiri ACT

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube
Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Hal tersebut karena beberapa waktu yang lalu banyak warganet yang meninggalkan komentar miring di akun Instagram itu. Terlepas dari polemik yang tengah terjadi, ada sosok Ahyudin yang selalu melekat di lembaga tersebut. Ahyudin diketahui sebagai pendidik atau founder yayasan ACT yang sudah berdiri sejak tahun 2005 itu. 

Karier Ahyudin di ACT

OJK Cabut Izin usaha BPRS Saka Dana Mulia Kudus

Nama Ahyudin setidaknya tercatat menempati tonggak pimpinan sebagai Presiden ACT selama 13 tahun sebelum akhirnya diganti pada tahun 2019. Menyadur dari laman resmi ACT, ia digantikan oleh Ibnu Khajar sementara dirinya menempati posisi Ketua Dewan Pembina. Selama menjadi pemimpin, ia diketahui melahirkan berbagai program unggulan. 

Profil Ahyudin

Pria pemilik nama Drs. Ahyudin ini lahir tanggal 11 Oktober 1996 silam dan diketahui tinggal di kawasan Tangerang Selatan. Sejumlah kegiatan tanggap darurat yang pernah dilakukan adalah Program Emergency Rescue, Program Emergency Relief, Program Emergency Medic dan Program Recovery, Recovery Ekonomi dan Recovery Fisik Aksi dan lain sebagainya. 

Beberapa waktu lalu sempat ada kabar yang beredar bahwa Ahyudin sudah hengkang dari ACT sejak awal tahun 2022. Hal ini juga diperkuat dengan tidak ada nama Ahyudin dalam struktur kepengurusan ACT yang dirilis oleh laman resminya saat ini. Ketua Dewan Pembina ACT dijabat oleh N Imam Akbari. 

Sekilas Tentang ACT

ACT ini lahir pada 21 April 2005 silam sebagai sebuah yayasan yang fokus untuk kegiatan sosial dan kemanusiaan. Selama ini, ACT dikenal aktif dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan terlebih untuk bencana alam. 

Layaknya lembaga non profit lain, ACT mendapatkan dana dari masyarakat dan lembaga mitra maupun perusahaan yang mempunyai kepedulian sosial. Sejak tahun 2012, ACT melebarkan sayapnya menjadi lembaga kemanusiaan global. 

Mereka banyak membuat kegiatan maupun program di luar negeri. ACT dikatakan bisa menjangkau berbagai negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, Indocina, Timur Tengah, dan bahkan Eropa. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya