Bareskrim Selidiki Dugaan Penyelewengan Donasi ACT

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo.
Sumber :

VIVA Nasional – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri masih melakukan penyelidikan atas dugaan penyelewengan dalam pengelolaan dana umat oleh Aksi Cepat Tanggal (ACT), yang sedang ramai dibicarakan publik.

Respons Albertina Ho Usai Dilaporkan ke Dewas oleh Pimpinan KPK

“Info dari Bareskrim masih proses penyelidikan dulu,” kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi wartawan pada Senin, 4 Juli 2022.

Menurut dia, sejauh ini belum ada masyarakat yang melaporkan dugaan penyelewengan pengelolaan dana umat oleh ACT. Kini, Bareskrim juga masih melakukan pengumpulan bahan-bahan terkait isu yang menimpa ACT.

Beras untuk Warga Miskin di Lombok Dikorupsi

“Belum ada laporan, masih penyelidikan pulbaket (pengumpulan bahan dan keterangan) dulu,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap atau yang kerap disingkat ACT sedang menjadi sorotan masyarakat. Pasalnya, para petinggi yayasan ini diduga menyelewengkan dana donasi. Selain itu, mereka juga dianggap tidak transparan dalam penyaluran dananya.

Manipulasi Putusan MK soal Pilpres Lalu Diunggah di Tiktok, Pria di Riau Diciduk Polisi

Setelah diinvestigasi oleh salah satu media nasional, para petinggi ACT dikabarkan menggunakan dana donasi untuk kebutuhan pribadi. Kemudian, laporan keuangan sejak tahun 2021 tidak dirilis oleh pihak ACT. Padahal sejak berdiri dari tahun 2005 hingga 2020, mereka rutin memposting laporan keuangan di situs resmi ACT sebagai bentuk transparansi.

Namun hingga pertengahan 2022, laporan keuangan ACT tahun 2021 belum dirilis. Biasanya laporan keuangan ditampilkan setiap akhir tahun periode atau 31 Desember. Kendati begitu, tagar #JanganPercayaACT menjadi trending topic di Twitter sejak kasus ini terungkap pada 3 Juli 2022.

ACT populer dengan program penggalangan dana untuk Muslim, baik di Indonesia maupun mancanegara seperti membantu korban bencana alam dan perang, memberi modal usaha mikro, serta memberikan sedekah untuk Muslim di daerah minoritas. Dilansir dari situs ACT, berikut pihak yang pernah menerima bantuan dari ACT.

Sementara, pemilik diketahui bernama Drs. Ahyudin, lahir tanggal 11 Oktober 1996 silam dan diketahui tinggal di kawasan Tangerang Selatan. Sejumlah kegiatan tanggap darurat yang pernah dilakukan adalah Program Emergency Rescue, Program Emergency Relief, Program Emergency Medic dan Program Recovery, Recovery Ekonomi dan Recovery Fisik Aksi dan lain sebagainya.

Karir Ahyudin di ACT Nama Ahyudin setidaknya tercatat menempati tonggak pimpinan sebagai Presiden ACT selama 13 tahun, sebelum akhirnya diganti pada tahun 2019. Menyadur dari laman resmi ACT, ia digantikan oleh Ibnu Khajar sementara dirinya menempati posisi Ketua Dewan Pembina. Selama menjadi pemimpin, ia diketahui melahirkan berbagai program unggulan.

Beberapa waktu lalu sempat ada kabar yang beredar, bahwa Ahyudin sudah hengkang dari ACT sejak awal tahun 2022. Hal ini diperkuat tidak ada nama Ahyudin dalam struktur kepengurusan ACT yang dirilis oleh laman resminya saat ini. Ketua Dewan Pembina ACT dijabat oleh N Imam Akbari.

Sedangkan, ACT ini lahir pada 21 April 2005 sebagai sebuah yayasan yang fokus untuk kegiatan sosial dan kemanusiaan. Selama ini, ACT dikenal aktif dalam kegiatan sosial dan kemanusiaan terlebih untuk bencana alam.

Layaknya lembaga non profit lain, ACT mendapatkan dana dari masyarakat dan lembaga mitra maupun perusahaan yang mempunyai kepedulian sosial. Sejak tahun 2012, ACT melebarkan sayapnya menjadi lembaga kemanusiaan global.

Mereka banyak membuat kegiatan maupun program di luar negeri. ACT dikatakan bisa menjangkau berbagai negara yang berada di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, Indocina, Timur Tengah, dan bahkan Eropa.

Baca juga: Dugaan Penyelewengan Donasi, Ini 5 Fakta Sejarah Pendirian ACT

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya