Dugaan Penyebab Kericuhan di Babarsari Sleman

Ruko rusak karena kericuhan di Babarsari
Sumber :
  • VIVA/Cahyo Edi

VIVA Nasional – Kericuhan terjadi di kawasan Babarsari, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, DIY Senin 4 Juli 2022 siang. Kericuhan ini menyebabkan sejumlah bangunan ruko di Babarsari mengalami kerusakan.

Istana Jelaskan Kronologi Kericuhan Saat Open House Presiden Jokowi

Tak hanya itu, ada enam buah sepeda motor yang juga mengalami kerusakan karena dibakar saat kericuhan terjadi.

Berdasarkan pengamatan di lapangan oleh VIVA.co.id pada pukul 17.30 WIB, saat ini situasi di kawasan Babarsari sudah kondusif. Warga nampak kembali beraktivitas normal dan tak ada penutupan jalan.

Ratusan Warga Serbu Rumah Ganjar Pranowo saat Open House

Sementara itu di lokasi kericuhan, polisi telah memasang garis polisi di beberapa ruko yang mengalami kerusakan. Di sekitar lokasi pun tak ada lagi petugas kepolisian yang berjaga dan suasana nampak lengang.

Diduga Imbas dari Keributan di Karaoke Babarsari

Kapolres Sleman AKBP Imam Rifai menerangkan pada Senin 4 Juli 2022 ini pihaknya mengamankan kegiatan penyampaian pendapat. Penyampaian pendapat ini merupakan buntut dari keributan di salah satu tempat karaoke di Babarsari.

"Jadi ada penyampaian pendapat dari teman-teman yang kemarin ada keributan di lokasi. Kemudian (saat keributan di karaoke) terjadi penganiayaan dan salah satu korban ini adalah teman-teman. (Penyampaian pendapat) untuk minta penjelasan terkait penanganan perkaranya," kata Imam.

Imam menerangkan terkait keributan di karaoke Babarsari, kasusnya sudah dalam penanganan di Polda DIY. Sudah ada sejumlah saksi yang diperiksa dari keributan di tempat karaoke itu.

"Intinya kami dari pihak kepolisian, saya selaku Kapolres atas petunjuk Kapolda juga mengimbau kepada masing-masing pihak untuk menghormati proses hukum yang sedang berlaku dan mematuhinya," tegas Imam.

"Kalau pun nanti ada pihak-pihak yang kita tetapkan harus bertanggung jawab, khususnya terkait dengan kejadian ini atau kejadian yang kemarin itu ya kita minta kita untuk menghormati dan juga tidak kemudian melebar lagi," pungkas Imam.

Baca juga: Bentrokan di Babarsari Sleman, Tiga Orang Luka

Saksi Parpol Dibogem Oknum Brimob saat Rekapituasi Suara Pemilu di Pamekasan

Plt Ketua Umum PPP Mardiono.

Gelar Syawalan di Sleman, Mardiono: Minta Doanya Agar PPP Dapat Keadilan

PPP tengah memperjuangkan perolehan suara Pileg 2024 melalui jalur sidang di MK. Versi rekapitulasi KPU, PPP tak lolos ke DPR periode 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024