Sosok Pendiri ACT Ahyudin di Mata Ibnu Khajar: One Man Show-Otoriter

Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ibnu Khajar gelar konferensi pers.
Presiden Aksi Cepat Tanggap (ACT) Ibnu Khajar gelar konferensi pers.
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA Nasional – Sosok mantan presiden sekaligus salah satu pendiri Aksi Cepat Tanggap (ACT), Ahyudin menjadi sorotan usai viralnya polemik dugaan penyelewengan dana di lembaga filantropi tersebut. Dugaan penyelewengan itu terungkap dalam hasil investigasi Majalah Tempo pada 2 Juli 2022.

Dalam pemberitaan tersebut, polemik penyelewengan dana umat terjadi saat dipimpin Ahyudin. Hal ini terlihat melalui biaya operasional hingga fasilitas serta gaji fantastis yang diterima para pejabat ACT. Polemik ini kemudian menimbulkan respons masyarakat hingga muncul tagar #AksiCepatTilep.

Presiden ACT, Ibnu Khajar mengungkap terdapat sejumlah kebijakan yang mengkhawatirkan di masa kepemimpinan Ahyudin sebelumnya. Termasuk dengan alokasi-alokasi dana ke beberapa tempat yang tak seharusnya sehingga program dari ACT tidak bisa ditunaikan dengan baik.

"Di atas semuanya sebenarnya, kesadaran kami melihat ada beberapa kebijakan yang mulai mengkhawatirkan lembaga. Karena tadi, ada alokasi-alokasi yang berpindah-pindah ke sana-sini. Bahkan beberapa kewajiban yang harus ditunaikan (namun tidak berjalan)," ujar Ibnu saat konferensi pers, Senin, 4 Juli 2022.

Ahyudin Pendiri ACT

Ahyudin Pendiri ACT

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Melalui pemberitaan yang terkuak, penyelewengan dana semasa kepemimpinan Ahyudin juga diketahui mencakup ke gaji dan pembelian aset pribadi. Seperti rumah, mobil mewah hingga sejumlah furnitur.

Gaya Kepemimpinan Ahyudin