Dewas KPK Akan Buka-bukaan Sidang Etik Lili Pintauli

Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar
Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar
Sumber :
  • KPK

VIVA Nasional – Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar diisukan sempat ingin memberi suap demi lolos dari sidang etik di Dewan Pengawas (Dewas) KPK terkait dugaan penerimaan fasilitas menonton MotoGP Mandalika. KPK dan Dewan Pengawas (Dewas) KPK merespon hal tersebut.

Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri mengatakan sidang kode etik Lili Pintauli Siregar (LPS) akan dilaksanakan besok sesuai dengan ketentuan dari Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Ali juga percaya hasil dari sidang kode etik tersebut akan diumumkan secara transparan.

Plt Jubir KPK Ali Fikri

Plt Jubir KPK Ali Fikri

Photo :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

"Hasilnya pun akan disampaikan kepada masyarakat sebagai prinsip akuntabilitas dan transparansi. Oleh karenanya, mari kita hormati proses yang sedang berlangsung ini, karena penegakan kode etik oleh Dewas adalah bagian untuk memperkuat pemberantasan korupsi KPK," kata Ali dalam keterangan tertulis, Senin 4 Juli 2022.

Ali juga yakin kepada Dewas KPK akan melaksanakan tugasnya dengan baik, jujur dan transparan sesuai dengan fakta - fakta yang ada. 

"Pada prinsipnya KPK menghormati seluruh proses di Dewas sebagaimana tugas dan kewenangannya yang diatur dalam Pasal 37B UU KPK. KPK menyakini, setiap tahapan dilakukan secara profesional sesuai fakta dan penilaian Dewas," ujar Ali.

Adapun menurut Ketua Dewas KPK, Tumpak Hatorangan Panggabean mengatakan, dirinya belum mengetahui terkait isu yang mengatakan bahwa LPS akan menyuap dewas KPK saat sidang kode etik berlangsung besok.