Mendagri Tito Karnavian Ditunjuk Jokowi Jadi MenPAN-RB Ad Interim

Mendagri Muhammad Tito Karnavian.
Sumber :

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ad interim. Tito sementara menggantikan Tjahjo Kumolo yang tutup usia pada Jumat, 1 Juli pekan lalu.

Habiskan Anggaran Hampir Rp1 Triliun, Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki IDTH Kemenkominfo

Dikutip VIVA, Selasa, 5 Juli 2022, keputusan itu berdasarkan surat B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang ditandatangani oleh menteri sekretaris negara. Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian menjabat sebagai Menteri PANRB ad interim pada 4-15 Juli 2022. 

Sebagai informasi Tjahjo meninggal pada pukul 11.10 WIB. Tjahjo meninggal di RS Abdi Waluyo, Jakarta, karena sakit yan dideritanya jatuh sakit.

Bey Machmudin Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Indonesia Digital Test House

Sebelumnya, ketika Thahjo Kumulo sakit dan menjalani perawatan, untuk pengganti Tjahjo sementara yaitu Menteri Politik Hukum dan Keamanan, Mahfud MD.

Menko Polhukam Mahfud MD.

Photo :
  • VIVA.co.id/Irfan
Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Jokowi: Investasi Terus Masuk

Mahfud mengatakan, Jokowi sudah menyiapkan nama yang akan mengisi jabatan MenPAN-RB menggantikam Tjahjo. Namun saat ini Jokowi tengah menunggu saat yang tepat untuk mengumumkannya. 

"Pak Jokowi pasti sudah tahu dan sudah ada di kantong beliau. Mungkin hanya menunggu lewatnya waktu belasungkawa," ungkapnya.

MAhfud menegaskan, penentuan siapa yang akan ditunjuk sebagai Menteri PAN RB, merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi. Saat ini presiden memiliki perangkat penilaian lengkap untuk memilih figur yang tepat sebagai seorang menteri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya