Jokowi Ingatkan Polri Harus Humanis Namun Tetap Tegas

Jokowi menyampaikan terkait hal ini saat memimpin rapat terbatas bersama para me
Sumber :
  • YouTube/sekretariat presidenan

VIVA Nasional - Presiden Joko Widodo mengungkapkan sejumlah tugas berat yang dihadapi oleh Polri saat ini. Tugas berat tersebut yakni penanganan pandemi COVID-19, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat untuk mengantisipasi adanya ancaman krisis global, dan kejahatan teknologi yang berkembang.

Menteri PAN-RB Siapkan Formasi ASN di IKN Bagi Putra-Putri Asli Kaltim

Polisi berjaga/Ilustrasi.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Terus Berinovasi

Jokowi Ungkap Skandal Pencucian Uang Lewat Kripto hingga Rp 139T

Untuk menghadapi sejumlah tugas berat tersebut, Jokowi meminta agar Polri terus berinovasi. Polri juga dituntut untuk selalu responsif menghadapi berbagai macam hal yang terjadi.

"Individu anggota Polri dan kelembagaan Polri harus terus berinovasi, harus semakin adaptif responsif dan bertransformasi menjadi institusi modern dan bersinergi dengan TNI, kementerian dan lembaga-lembaga dalam menjalankan tugasnya," kata Jokowi, Selasa, 5 Juli 2022.

Gibran Singgung Hasto yang Halangi Pertemuan Megawati-Jokowi

Baca juga: Jokowi: Polri Harus Lebih Maju Dari Pelaku Kejahatan

Kedepankan Upaya Pencegahan

Jokowi juga mengingatkan agar Polri dalam melaksanakan tugasnya tetap mengedapankan upaya pencegahan, menurut Jokowi penegakan hukum, merupakan upaya terakhir yang harus ditempuh. Polri juga diminta untuk melakukan tugas secara humanis.

"Saya perlu mengingatkan, rasa keadilan dan kemanfaatan hukum harus dirasakan oleh rakyat harus dirasakan oleh masyarakat. Polri harus mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga Kamtibmas lakukan berbagai tindakan polisian dengan Humanis namun tegas ketika diperlukan," kata Jokowi.

Junjung Tinggi HAM

Polri harus melakukan tugasnya sesuai standar operasional prosedur. Junjung tinggi hak asasi manusia dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Jadikan penegakan hukum sebagai upaya terakhir harus taat prosedur dan menjunjung tinggi hak asasi manusia," ujar Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya