Heboh Ceramah Ustaz Adi Hidayat soal Nama Asli Kapitan Pattimura

Kapitan Pattimura disebut bernama Ahmad Lussy bukan Thomas Matulessy
Sumber :
  • Tangkapan layar

VIVA Nasional – Nama Ahmad Lussy dan Pattimura sedang jadi trending di twitter. Hal itu lantaran kedua namanya ada sangkut pautnya. Sebuah video ceramah Ustaz Adi Hidayat viral karena menyebut pahlawan nasional Kapitan Pattimura bernama Ahmad Lussy, bukan Thomas Matulessy.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Di uang seribu itu ada satu gambar namanya Kapiten Pattimura. Banyak orang menyebut kemudian Thomas Matulesi. Kami berusaha mencari lihat, tanya pakar sejarah dikumpulkan Allahu Akbar, ternyata nama aslinya Kapiten Pattimura itu bukan Thomas tapi Ahmad Lussy. Bukan Thomas Matulesi tapi Ahmad Lussy,”ucapnya dalam sebuah ceramah yang viral.

Ustaz Adi Hidayat mengatakan jika Ahmad Lussy seorang kiai dan pemimpin pesantren.

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

Siapa Ahmad Lussy itu, beliau itu adalah seorang pejuang, beliau itu adalah seorang kyai, beliau itu adalah seorang pemimpin pesantren, beliau arahkan anak-anak santrinya untuk berjuang menegakkan kebenaran di bumi pertiwi ini,”tandasnya.

Ustaz Adi mengatakan jika namanya dirubah agar orang tidak tahu bahwa Ahmad Lussy dekat dengan Allah.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Makanya Ahmad, Ahmad Lussy tiba-tiba berubah jadi Thomas. Kalau disebutkan Thomas, orang tidak ingat bahwa orang ini dekat dengan Allah Subhanahu wata’ala. Orang ini berasal dari pesantren. Makanya di buang kemudian nama-nama itu persis seperti orang barat dulu pernah melakukannya,”ujarnya.

Sosok Kapitan Pattimura

Kapitan Pattimura

Photo :
  • Tangkapan Layar: YouTube

Melansir dari berbagai sumber, Kapitan Pattimura lahir di Saparua, Maluku pada 8 Juni 1783. Ia merupakan keturunan bangsawan Raja Saulau, sebuah kerajaan yang terletak di Teluk Seram Selatan.

Pattimura merupakan putra daerah Hualoy, Seram Selatan, dari pasangan Frans Matulessy dan Fransina Silahoi. Ia dikenal memiliki nama Thomas Matulessy, yang kemudian dijuluki sebagai Kapitan Pattimura setelah ditunjuk untuk memimpin pemberontakan melawan Belanda. 

Terdapat pendapat yang menyebutkan bahwa nama asli dari Kapitan Pattimura adalah Ahmad Lussy. Salah satu sejarawan yang menyatakan bahwa nama asli dari pahlawan Kapitan Pattimura adalah Ahmad Lussy yaitu Ahmad Mansur Suryanegara. Mansyur Suryanegara menyebut bahwa Pattimura merupakan seorang Muslim yang sangat taat.

Menurut Mansur Suryanegara, selain memiliki keturunan bangsawan, Pattimura atau Ahmad Lussy, juga keturunan ulama. Pada masa itu semua pemimpin perang yang ada di daerah Maluku memang seorang bangsawan atau ulama, atau bahkan dari keduanya.

Berdasarkan catatan sejarah resmi, tidak pernah disebut bahwa nama asli dari Kapitan Pattimura adalah Ahmad Lussy. Sebagian orang mengira bahwa Matulessy merupakan nama marga untuk orang Maluku. 

Trending di twitter

Hingga kinin ama Kapitan Pattimura masih dibahas. Banyak yang mempertanyakan siapakah sebenarnya Kapitan Pattimura. Apakah dia orang muslim atau Kristen. Berikut reaksi netizen tentang viralnya nama Kapitan Pattimura adalah Ahmad Lussy.

Saya Asli Maluku dan kebenaran ini emang Fakta, sebenarnya berita udah lama banget tapi kenapa baruh Viral sekarang dulu kakek saya sering cerita kalau Kap. Pattimura emang Nama aslinya Ahmad Lussy,”cuitan netizen.
Kagum sama Ustadz Adi Hidayat karena saat bedah hadist atau ayat Al Quran itu detail & sistematis penjelasannya. Tapi dia nge klaim kalo Kapiten Pattimura itu muslim & nama aslinya Ahmad Lussy dengan mengatasnamakan "riset", kok kemudian jadi hilang respek ke beliau,”cuitan yang lain.
“?Islamphobia ternyata sudah ada sejak jaman penjajahan. Membelokkan sejarah seorang pejuang muslim Ahmad Lussy dg nama Thomas Matulesy,”cuitan netizen yang lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya