Pimpin 17 Ribu Jemaah Haji Jabar, Ini Misi Ridwan Kamil di Tanah Suci

Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama jemaah haji jawa barat
Gubernur Jabar Ridwan Kamil bersama jemaah haji jawa barat
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA Nasional Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bertolak ke Tanah Suci untuk memimpin jemaah haji asal Jawa Barat sebanyak 17 ribu orang. Ridwan Kamil memastikan pengawalan bagi 17 ribu jemaah selama pelaksanaan ibadah haji memfokuskan pada ketersediaan logistik.

"Sebagai amirul hajj saya memastikan kelancaran logistik warga Jawa Barat disana," ujar Ridwan Kamil, Selasa 5 Juli 2022.

Ridwan Kamil juga memastikan roda pemerintahan di Jawa Barat akan tetap berjalan. "Kami akan safar berangkat. Kami titipkan kepada orang-orang hebat untuk menjaga tanah Jawa Barat," katanya. 

"Tidak semua orang di panggil oleh Allah SWT ke Tanah Suci, bagi yang sedang dan akan, mudah-mudahan jadi haji mabrur. Hari ini juga saya doakan semoga yang belum haji dan umrah bertemu dengan yang kita rindukan Tanah Suci di waktu yang baik," tambahnya. 

Pembatasan Umur

Ridwan Kamil menyampaikan, pembatasan umur para jemaah haji di bawah usia 65 tahun akan dicabut tahun depan, sehingga hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Pemda Provinsi Jawa Barat. 

"Ini usia rata-rata sesuai aturan di bawah 65 tahun, maka tantangan tahun depan lebih besar karena pembatasan umur itu dilepas, sehingga kemungkinan tahun depan banyak sekali yang sepuh-sepuh masuk ke daftar haji," jelasnya.