Jelang Idul Adha, 2 Ribu Hewan Ternak di Banten Terjangkit PMK

Pj Gubernur Banten tunjukan vaksin PMK di Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • Dokumentasi Pemprov Banten

VIVA Nasional – Jelang Idul Adha pada 10 Juli 2022 mendatang, Pemprov Banten mengatakan ada 2.057 hewan ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Terbanyak ada di Tangerang Raya, berjumlah 853 ekor ternak.

DJP Sebut 91,7 Persen NIK Sudah Dipadankan Jadi NPWP 

"Mayoritas akibat mobilitas ternak menjelang Idul Adha," kata Pj Gubernur Banten, Al Muktabar, melalui rilis resminya, Selasa, 5 Juli 2022.

Al Muktabar menerangkan bahwa Banten telah menerima 1.100 dosis vaksin PMK dan akan meminta lagi ke Kementerian Pertanian, dengan jumlah yang sama untuk dibagikan ke peternak. Pj Gubernur mengklaim tingkat kesembuhan hewan ternak usai diberi vaksin sebesar 42 persen.

8 Waktu yang Diharamkan untuk Berpuasa Menurut Ajaran Islam

"Untuk tingkat kesembuhan mencapai 36 persen sampai 42 persen," terangnya.

Mantan Sekda Banten itu menerangkan, Indonesia kembali menerima vaksin PMK dari Prancis dengan merk Aftopor, sebanyak 94 ribu dosis pada Senin, 4 Juli 2022.

Didukung Lebih dari 30 Negara, Idul Fitri-Idul Adha Kini Diakui UNESCO sebagai Hari Besar Keagamaan

Dosis PMK itu tersimpan di gudang pendingin terminal Kargo 520 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Nantinya, vaksin itu akan disebar oleh Kementrian Pertanian ke daerah yang membutuhkan.

"Kita telah menerima tahap ketiga vaksin Penyakit Mulut dan Kuku sejumlah 94 ribu. Vaksin akan didistribusikan ke daerah sesuai prioritas penyebaran untuk digunakan secara efektif, efisien, transparan dan akuntabel," jelasnya.

Masih dalam rilis yang sama, tertulis Indonesia telah menerima 3,1 juta dosis vaksin PMK yang telah datang pada 12 Juni sekitar 10 ribu dosis dan 16 Juni 2022 sekitar 3 juta dosis.

Baca juga: Fatwa MUI Tentang Hukum Hewan Kurban saat Wabah PMK

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya