Kemenkes Saudi Siapkan Makanan Khusus Bagi Jamaah Sakit

Jemaah haji dari seluruh dunia mulai memadati Kota Mekah
Jemaah haji dari seluruh dunia mulai memadati Kota Mekah
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA Nasional – Kementerian Kesehatan Arab Saudi sangat memperhatikan kesehatan tubuh para jamaah haji. Salah satunya dari segi nutrisi makanan. Oleh sebab itu, Kementerian Kesehatan Arab Saudi telah menyiapkan lebih dari 30 jenis makanan untuk diberikan kepada jamaah haji yang sakit pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini.

Seperti yang telah diberitakan di laman Saudi Gazette pada hari Selasa, 5 Juli 2022, Kemenkes Arab Saudi menjelaskan, kondisi kesehatan jamaah haji sangat dipengaruhi oleh makanan. Makanan yang disajikan telah ditentukan oleh dokter spesialis dan ahli gizi.

Adapun makanan yang akan diberikan kepada jamaah haji meliputi beberapa jenis seperti makanan yang dimasak. Kandungan nutrisi juga harus diperhatikan oleh ahli gizi. Bahkan makanan tersebut juga ditindaklanjuti di ruang perawatan intensif dan rawat inap lainnya oleh ahli gizi klinis.

Komite Nutrisi telah melengkapi 11 departemen nutrisi di Tempat Suci Mina dan Arafah. Kemudian ada juga 20 ruang makan khusus yang diawasi oleh 85 spesialis makanan dan ahli gizi. Sehingga ada lebih kurang 540 petugas yang dikerahkan khusus untuk ruang makan sana.

Mereka telah dilatih tentang praktik terbaik dan persyaratan kesehatan. Layanan gigi juga disiapkan yang berafiliasi dengan Makkah Health Cluster.

Klinik gigi keliling akan berkontribusi untuk meningkatkan kualitas perawatan kesehatan gigi para jemaah. Klinik gigi keliling terdiri daei 32 dokter spesialis yang bertugas. Mereka telah dibekali ilmu pengetahuan modern dan wawasan lengkap selama pelaksanaan ibadah haji.