7 Perbedaan Besar Idul Fitri dan Idul Adha

sholat idul adha 1436 H di masjid istiqlal
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA Nasional – Pekan ini umat muslim akan merayakan hari besar kedua tahun ini yaitu hari raya kurban atau Idul Adha. Umat muslim memang memiliki dua Hari Raya Besar setiap tahunnya, Idul Fitri dan Idul Adha. Kedua Hari Raya ini memiliki perbedaan. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Deretan Negara Ini Ternyata Tidak Miliki Masjid, Ada Negara Tak Terduga!

1. Waktu perayaan

Pemeriksaan Hewan Qurban

Photo :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
5 Negara Muslim Ini Secara Data Bisa Gilas Israel, Nomor 3 Tak terduga!

Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan pada tanggal 1 Syawal, setelah menjalankan puasa penuh selama satu bulan Ramadhan. Sementara Idul Aadha dilaksanakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah atau bertepatan dengan pelaksanaan ibadah Haji di Mekkah sekaligus memperingati peristiwa qurban yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS.

2. Anjuran makan

Indosat Tetap Tenang meski Ada Lonjakan

Waktu makan juga ada perbedaan dalam hari raya besar umat muslim ini. Saat Idul Fitri, umat muslim dianjurkan makan sebelum melaksanakan sholat Id, sementara Idul Adha dianjurkan makan sesudah melaksanakan sholat Id.

3. Pelaksanaan sholat

sholat idul adha 1436 H di masjid istiqlal

Photo :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

Idul Fitri dianjurkan untuk tidak terlalu pagi agar bisa memberikan kesempatan pada mereka yang belum menunaikan zakat fitrah. Sementara  Sholat Idul Adha dianjurkan pelaksanaannya lebih pagi agar bisa melanjutkan proses penyembelihan hewan qurban. 

4. Pembacaan takbir

Hari raya Idul Fitri disunnahkan membaca takbir sesudah Magrib akhir Ramadhan sampai keesokan harinya sebelum sholat Id. Sementara Hari raya Idul Adha disunnahkan untuk membaca takbir hingga waktu Ashar di hari tasyrik terakhir (13 Dzulhijjah). 

5. Ceramah

Ustaz Abdul Somad saat ceramah

Photo :
  • VIVAnews/Putra Nasution

Kedua hari raya ini dilaksanakan dengan melakukan sholat berjamaah di tempat yang luas seperti lapangan. Isi ceramahnya pun berbeda. Jika khutbah Idul Fitri berisi tentang kemenangan dan kembali kepada fitrah, sementara khutbah Idul Adha tentang ibadah haji, qurban, atau tentang kisah nabi Ibrahim AS.

6. Acara setelah melaksanakan sholat

Hari Raya Idul Fitri adalah perayaan yang ditunggu-tunggu umat muslim. Bagaimana tidak, sanak saudara akan berkumpul di hari Bahagia tersebut. Setelah melaksanakan sholat Id, mereka akan berkumpul bersama keluarga, berkunjung ke rumah saudara serta bersalam-salaman dengan tetangga.

Sementara setelah sholat Id pada Idul Adha, umat muslim akan menyembelih hewan qurban di setiap masjid, mushola, atau tempat lainnya yang menyediakan hewan qurban. Dagingnya akan dibagikan merata kepada masyarakat sekitar. 

7. Suasana 

Antrean panjang di menuju Pelabuhan Merak saat puncak arus mudik Lebaran 2022.

Photo :
  • VIVA/Yandi Deslatama

Pelaksanaan Idul Fitri di Indonesia lebih 'meriah' dibandingkan Idul Adha.  Hal ini dikarenakan pada Idul Fitri biasanya banyak orang yang memutuskan untuk mudik atau pulang kampung. 

Ini telah menjadi fenomena tahunan hingga jalanan macet. Berbeda dengan Idul Adha di mana orang mudik lebih sedikit dibandingkan saat Idul Fitri. Hal ini juga dikarenakan jarak Idul Fitri dan Idul Adha berdekatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya