Divonis 6 Tahun Penjara, Mantan Bupati Muba: Saya Pikir-pikir Dulu

Sidang vonis terhadap mantan bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Sadam Maulana (Palembang)

VIVA – Mantan Bupati Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan Dodi Reza Alex, divonis hukuman enam tahun penjara, dan denda Rp250 juta subsider lima bulan kurungan.

Iskandar Sitorus Bongkar Ciri-ciri Artis P yang Terlibat Kasus Korupsi Rp4 Triliun

Vonis terhadap terdakwa kasus dugaan penerimaan aliran dana fee proyek di Dinas PUPR Muba itu, dibacakan Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Palembang yang diketuai Yoserizal, Selasa, 5 Juli 2022.

"Mengadili, menyatakan perbuatan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama dan berlanjut," ujar Ketua Majelis Hakim.

Mantan Kajari Bondowoso Divonis 7 Tahun Penjara terkait Kasus Suap

Selain pidana penjara, Dodi juga dihukum membayar uang pengganti (UP) atas kerugian negara sebesar Rp1,1 miliar. Bila tidak dilakukan, maka wajib diganti dengan hukum satu tahun penjara. 

Ilustrasi sidang di pengadilan.

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
Terungkap, Syahrul Yasin Limpo Pernah Minta Anak Buahnya Hapus Bukti Catatan Keuangan

Hakim juga memaparkan hal-hal yang meringankan perbuatan terdakwa yakni seorang kepala keluarga, bersikap sopan dalam persidangan dan belum pernah dihukum sebelumnya. 

Sedangkan hal yang memberatkan, perbuatan terdakwa selaku Bupati tidak mendukung program pemerintah dalam hal pemberantasan tindak pidana korupsi, kolusi dan nepotisme. 

"Terdakwa juga tidak berterus terang selama persidangan," kata hakim. 

Dalam amar putusannya, majelis hakim tidak mengabulkan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yang sebelumnya menuntut hak politik Dodi Reza dicabut selama lima tahun. 

Vonis yang dijatuhkan juga jauh lebih ringan dari tuntutan JPU KPK dengan hukuman 10 tahun dan 7 bulan penjara. Serta menuntut UP sebesar Rp2,9 miliar yang bila tidak dibayar maka wajib diganti dengan hukuman dua tahun penjara. 

Atas vonis ini, Dodi Reza yang menyaksikan sidang dari layar virtual di Rutan Pakjo Klas 1 Palembang langsung menyatakan sikap di hadapan hakim. "Saya pikir-pikir dulu pak hakim," ucapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya