Profil Mayjen Purn Achmad Marzuki, Pj Gubernur Aceh yang Baru Dilantik

VIVA Militer: Mayjen TNI Achmad Marzuki
Sumber :
  • kodamim-tniad.mil.id

VIVA Nasional – Mayjen TNI Purn Achmad Marzuki telah resmi menjabat sebagai Gubernur Aceh usai dilantik di Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Banda Aceh, hari ini Rabu 6 Juli 2022.

Mendagri Apresiasi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Capai 5,11 Persen, tapi Akui Masih Belum Merata

Penunjukan Jenderal Bintang Dua itu untuk mengisi kekosongan kursi orang nomor satu di Aceh setelah masa jabatan Nova Iriansyah berakhir pada Selasa 5 Juli 2022.

Pelantikan Marzuki sebagai Pj. Gubernur tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 70/P/2022 tentang Pengesahan Pemberhentian Gubernur Aceh Sisa Masa Jabatan Tahun 2017-2022 dan Pengangkatan Penjabat Gubernur Aceh.

Jokowi Tegaskan Tak Ada Pengajuan Percepatan Pilkada 2024

Menurut beberapa informasi yang telah VIVA.co.id rangkum, Ahmad Marzuki tercatat salah satu dari tiga nama calon Penjabat (Pj) Gubernur Aceh yang diusulkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) kepada Mendagri. Dua calon lainnya yakni Safrizal ZA yang kini menjabat Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, dan Indra Iskandar, yang kini menjabat Sekretaris Jenderal DPR RI.

Mendagri Tito Karnavian melantik Achmad Marzuki sebagai Pj Gubernur Aceh

Photo :
  • VIVA/Dani Randi
Tak Jamin Data Pemilih Pilkada 2024 Aman dari Kebocoran, KPU: Kita Usahakan

Karir Militer

Achmad Marzuki sendiri adalah lulusan Akademi Militer tahun 1989, di awal tugasnya sebagai Letnan Kolonel ia ditugaskan di kesatuan Danyonif 411/Pandawa dari tahun 2004 hingga 2006, tercatat dirinya berpangkat Letnan Kolonel selama 9 tahun dan telah berpindah-pindah satuan tugas.

Karirnya terus melesat hingga 2013 Marzuki berpangkat sebagai Kolonel dan menjabat di Asops Kaskostrad sampai 2014. Tiga tahun berselang marzuki dianugerahi pangkat Brigadir Jenderal tepatnya pada 2016 ia menduduki posisi Komandan PMPP TNI hingga 2018.

Lalu, pada 2018 pria yang kini berusia 55 tahun tersebut menjabat sebagai Pangdivif 3 Kostrad sampai 2020. Memiliki karir cemerlang di dunia militer membuatnya diberi kepercayaan sebagai panglima Kodam Iskandar Muda (IM) pada 18 November 2020 lalu oleh Marsekal Hadi Tjahjanto.

Pria kelahiran 24 Februari 1967 ini memang dikenal memiliki pengalaman ‘segudang’ di dunia militer Indonesia, maka tak heran jika Mayjen Marzuki pernah menduduki jabatan tinggi Tenaga Ahli Pengkaji bidang Kewaspadaan Nasional (Lemhannas) pada tahun 2022.

Tidak hanya itu, pada tahun yang sama (2022) ia juga diberikan kepercayaan oleh Mendagri Tito Karnavian sebagai Staf Ahli Mendagri bidang Hukum dan Kesbang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya