Warga Panik, Gajah Liar Teror Pemukiman Penduduk di Sumsel

Ilustrasi gajah liar.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA Nasional - Warga Desa Mukti Jaya dan Desa Nusakarta, Kecamatan Air Sugihan, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, tengah dibuat gelisah terkait kemunculan gajah liar memasuki kawasan pemukiman penduduk. Masyarakat khawatir, hewan bertubuh besar itu merusak pemukiman dan kebun.

Viral di Media Sosial, Dugaan Aksi Teror dan Premanisme di Qubu Resort Kalbar

Warga OKI berjaga-jaga usai gajah liar masuk ke pemukiman.

Photo :
  • VIVA/ Sadam Maulana.

Warga Adakan Jaga Malam

Polda Metro Antisipasi Ancaman Teror Bom Saat Libur Lebaran 2024

Sebagai antisipasi, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 402-12/Air Sugihan Dim 0402/OKI, Pelda Sugianto dan Serma Asmeri, bersama masyarakat mengadakan jaga malam. Ronda ini dilakukan demi mencegah kawanan gajah memasuki pemukiman di malam hari.

"Sudah banyak yang melihat gajah liar ini memasuki kawasan pemukiman. Warga jadi khawatir, terutama saat ingin beraktivitas ke kebun dan sawah," kata Danramil 402-14/Air Sugihan, Kapten Inf Fathul Hamidi, melalui Babinsa Pelda Sugianto, Kamis, 7 Juli 2022.

Rusia Beberkan Jejak Keterlibatan Ukraina dalam Serangan Moskow, Ungkap Nama Vaily Malyuk

Baca juga: Dua Gajah Liar Mati Mengenaskan di Kawasan Gunung Leuser

Masyarakat Takut Beraktivitas

Sugianto mengatakan bahwa masyarakat takut untuk beraktivitas, terutama para petani. Mereka juga khawatir keberadaan gajah liar ini merusak tanaman dan rumah warga.

"Kami dari Koramil 402-14/Air Sugihan bersama warga Desa Mukti Jaya dan Desa Nusakarta terus berusaha semaksimal mungkin untuk menghalau dan memantau aktivitas kawanan gajah ini. Jangan sampai hewan ini semakin mendekat," katanya.

Ia berharap kawanan gajah ini bisa kembali lagi ke habitatnya, jauh dari pemukiman penduduk, kebun maupun sawah petani.

“Kita berharap jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Sugianto.

Habitatnya Ada di Kabupaten OKI

Hewan berbelalai ini sejatinya memang merupakan salah satu yang habitatnya ada di Kabupaten OKI. Namun, keberadaan gajah selama ini tidak berdampingan secara langsung, jauh dari pemukiman masyarakat.

Sehingga, kemunculan gajah liar yang mendekat kawasan pemukiman penduduk ini membuat masyarakat merasa khawatir. Warga merasa takut jika hewan ini mengamuk dan merusak pemukiman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya