Saat Emak-emak Jemaah Pesantren Ikut Adang Polisi Cari Mas Bechi

Emak-emak jemaah pesantren ikut adang polisi cari Mas Bechi
Emak-emak jemaah pesantren ikut adang polisi cari Mas Bechi
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal (Surabaya)

VIVA – Upaya pencarian dan penangkapan tersangka pencabulan, Moch Subchi Azal Tsani atau Mas Bechi di Pesantren Shiddiqiyah, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, Jawa Timur diwarnai ketegangan pada Kamis, 7 Juli 2022. 

Aparat Kepolisian Daerah Jawa Timur dan Kepolisian Resor Jombang diadang oleh Jemaah yang terdiri dari laki-laki dewasa, remaja, hingga emak-emak. Santri pesantren asuhan Kiai MM itu mengadang laiknya tameng.

Aparat mulai mendatangi pesantren sejak Kamis pagi. Ratusan personel Dalmas dan Brimob diterjunkan. Gang jalan menuju pesantren ditutup. Menurut penuturan Kepala Bidang Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto, pesantren berdiri di area seluas sekira lima hektare. Lingkungan pesantren dikelilingi pagar tembok. Ada pintu besi berwarna putih di pintu utama masuk.

Polisi diadang saat cari Mas Bechi.

Polisi diadang saat cari Mas Bechi.

Photo :
  • VIVA/Nur Faishal (Surabaya)

Saat polisi datang, pintu utama pesantren dikunci oleh jemaah. Mereka juga berkumpul di halaman depan bagian dalam pesantren. Kepala Polres Jombang AKBP Nurhidayat kemudian menyalami mereka dan meminta izin untuk masuk mencari Mas Bechi. 

“Kami membawa surat perintah,” ujarnya.

Nurhidayat juga meminta jemaah tidak menghalang-halangi petugas. Bagi yang menghalang-halangi, kata dia, hukuman pidana ancamannya.