Jangan Lewatkan, Ini 5 Keutamaan dan Niat Puasa Arafah

niat puasa
niat puasa
Sumber :
  • U-Report

VIVA Nasional - Pemerintah Indonesia melalui Kemenag telah menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah 1443 H atau pada 1 Juli 2022. Maka dari itu pelaksanaan Puasa Arafah jatuh pada tanggal 9 Dzulhijjah 1443 H atau tanggal 9 Juli 2022.

Sementara untuk pelaksanaan Hari Raya Idul Adha pada tanggal 10 Dzulhijjah 1443 H atau tanggal 10 Juli 2022. Melaksanakan Puasa Arafah hukumnya Sunnah Muakkad yang dilaksanakan sebelum menjelang hari Raya Idul Adha.

Namun sebelum ada mau melaksanakan Puasa Arafah, alahkah baiknya perhatikan cara niat dan bacaan doanya, seperti dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut:

1. Niat Puasa Arafah

Niat puasa Ayyamul Bidh

Niat puasa Ayyamul Bidh

Photo :
  • U-Report

Seperti pada halnya ibadah lainya, pastinya harus dibarengi dengan niat yang baik. Waktu niat puasa Arafah alangkah baiknya dilakukan pada malam hari, yakti sejak terbenamnya matahari atau di waktu setelah melaksanakan sholat Isya.

- Niat Puasa Arafah dari Tanggal 9 Dzulhijjah

Nawaitu shauma syahri dzil hijjah sunnatan lillâhi ta‘ala. Artinya: "Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah ta'ala."

Namun jika anda lupa membaca niat Puasa Arafah pada malam hari, boleh dilakukan pada siang hari atau ketika anda lupa untuk sahur, boleh membaca niat ketika anda sudah bangun dari tidur.

2. Keutamaan Puasa Arafah Dapat Dilipatkan Pahala

berdoa

berdoa

Photo :
  • pixabay

Puasa Arafah yang jatuh pada bulan Dzulhijjah yang merupakan bulan yang sangat disucikan. Bulan tersebut juga memiliki beberapa keutamaan dibandingkan dengan bulan-bulan lain.

"Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar." (H.R Tirmidzi).

3. Puasa Arafah Penghapus Dosa

Niat puasa tarwiyah

Niat puasa tarwiyah

Photo :
  • U-Report

Ketika menjalankan ibadah Puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah dapat menghapus dosa selama dua tahun, hal ini pun telah Rasulullah sabdakan dalam hadistnya.

"Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu." (H.R Muslim).

4. Puasa Arafah Dapat Membebaskan Dari Siksa Neraka

Orang berdoa

Orang berdoa

Photo :
  • U-Report

Keutamaan Puasa Arafah lainnya adalah, dapat dijauhkan dari siksaan api neraka, hal ini pun telah Rasulullah sabdakan sebagai berikut.

"Tidak ada hari dimana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para Malaikat dan berkata: ‘Apa yang mereka inginkan?." (H.R Muslim).

5. Keutamaan Puasa Tarwiyah

Ilustrasi Ramadhan/berdoa.

Ilustrasi Ramadhan/berdoa.

Photo :
  • Freepik/jcomp

Selain Puasa Arafah ada juga Puasa Tarwiyah yang dilakukan ketika menginjak tanggal 1 Dzulhijjah, seperti yang dijelaskan dalam hadist Rasulullah, sebagai berikut.

"Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa hari Arafah dapat menghapus dosa dua tahun." (Ibnu Najar).