Ini 6 Pejabat Indonesia yang Naik Haji di 2022

Jemaah haji memulai awal prosesi haji dari kawasan Mina, Kota Mekah
Sumber :
  • spA

VIVA Nasional – Puncak Haji jatuh pada hari ini 9 Dzulhijjah 1443 H atau Jumat, 8 Juli 2022. Puncak haji yang jatuh pada hari Jumat berarti puncak ibadah haji kali ini adalah Haji Akbar. Para jemaah haji Indonesia dikabarkan oleh Media Center Haji, telah tiba dan berada di Arafah.

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

Tentunya hal ini sangat istimewa karena setelah ibadah haji ditunda dua tahun karena pandemi, kali ini puncak haji jatuh pada haji akbar. Selain masyarakat Indonesia, ternyata beberapa pejabat dan pengurus birokrasi Indonesia juga ikut berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan rukun iman ke-5 ini. 

  1. Wapres KH Ma'ruf Amin
Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

Wapres KH Maruf Amin saat berada di kantor MUI Pusat

Photo :
  • MUI

Wakil Presiden Republik Indonesia, KH Ma'ruf Amin menunaikan ibadah haji tahun ini. KH Ma'ruf Amin diundang langsung pihak kerajaan Arab Saudi. Hal ini disampaikan langsung oleh Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi. "Wapres dalam hal ini mendapatkan undangan dari Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan prosesi ibadah haji," ujar Masduki, mengutip dari Antara.

Belum Haji Bolehkah Dipanggil Pak Haji? Begini Buya Yahya Menjelaskan

Undangan untuk menunaikan ibadah haji tersebut dikirimkan dari Raja Arab melalui Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Esam A. Abid Althagafi. "Undangan ini disampaikan oleh Kerajaan Arab Saudi pada tanggal 9 Juni yang lalu dimana waktu itu Duta Besar Arab Saudi datang ke kediaman Wakil Presiden,” jelas Masduki.

  1. Menko Polhukam Mahfud MD 

Menko Polhukam Mahfud MD.

Photo :
  • Instagram @mohmahfudmd

Selain Wapres, Menpolhukam Mahfud MD juga melaksanakan ibadah haji di tahun ini. Ia menyampaikan, melalui akun Twitter pribadinya bahwa ia pergi haji bersama pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK. “Bersama Wakil Ketua KPK Nurul Gufron di Jeddah," tweet Mahfud melalui akun Twitter pribadinya. 

  1. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

Ridwan Kamil dan istri menunaikan Ibadah haji

Photo :
  • Tangkapan Layar Instagram @ridwankamil.fanpage

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, bersama istri Atalia Praratya dan anak perempuannya, Camillia Laetitia Azzahra atau Zara pergi beribadah ke Tanah Suci dan membawa nama anak lelakinya yang telah meninggal Emmeril Kahn atau sering disapa Eril. 

Keluarga Ridwan Kamil membawa potret mendiang sang putra Eril. Kang Emil juga bertugas menjadi amirul hajj atau pemimpin jamaah haji asal Jawa Barat.

  1. Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar atau Cak Imin

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) di Pasuruan, jatim.

Photo :
  • Istimewa

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar atau akrab disapa Cak Imin pun turut melaksanakan haji tahun ini. Dalam kesempatan tersebut, Cak Imin, saat diwawancara pihak media, mengajak para jemaah untuk beristighfar, terutama mendekati momen pemilu yang sarat akan konflik politis.

Karena itu, saya meminta kepada para jemaah supaya membantu bangsa kita beristigfar semuanya. Istigfar itu artinya semua mengakui kekurangan masing-masing sehingga bisa menahan nafsu, konflik antar kompetisi di Pemilu, di Pilpres dan paling pokok mohon kepada seluruh ibadah haji mohon Indonesia segera makmur sejahtera,” ujar Cak Imin di Mekkah dikutip Rabu 6 Juli 2022.

  1. Menteri Sosial Tri Rismaharani

Mensos Risma.

Photo :

Mensos yang akrab disapa Risma ini juga turut beribadah haji tahun ini. Menanggapi hal ini, posisinya digantikan sementara oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau PMK Muhadjir Effendy. 

Muhadjir mengeluarkan mandat yang besar saat Risma absen, yaitu mencabut izin Penyelenggaraan Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) yang diberikan kepada Yayasan Aksi Cepat Tanggap atau

ACT yang santer dikabarkan "memakan" uang sumbangan masyarakat. 

  1. Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah

Menaker Ida Fauziyah.

Photo :
  • Tangkapan layar Anisa Aulia/ VIVA.

Menaker Ida Fauziah juga membagikan momen saat ia menunaikan ibadah haji tahun ini, melalui akun Instagramnya. “Alhamdulillah sampai di Tanah Suci-Mu," tulis Ida melalui keterangan unggahan Instagramnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya