Kecewa, Muslim di Leicester Gagal Berangkat Haji 2022

Kumpulan orang pergi haji.
Sumber :
  • Ahmed Hader/Al Arabiya

VIVA Nasional – Muslim di seluruh Leicester yang berharap untuk mengambil bagian dalam ziarah suci haji tahun ini, rencana mereka gagal. Sistem pemesanan online baru yang baru-baru ini diperkenalkan oleh pemerintah Arab Saudi telah membuat banyak orang yang telah menghemat ribuan pound untuk pergi justru kecewa.

Gas Murah Bagi Industri Bakal Dilanjut, Pemerintah Diminta Perhatikan Keekonomian Sektor Hulu

Kondisi tersebut telah membuat banyak Muslim di Leicester kecewa. Setelah menunggu dua tahun karena pandemi, calon jamaah haji (calhaj) internasional berharap memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan haji, termasuk dari para Muslim di Leicester.

Tetapi pada bulan Juni, setelah agen-agen telah mengatur perjalanan untuk para pelancong, pemerintah Saudi mengumumkan portal pemesanan online barunya, Motawif , tidak bisa memproses mereka untuk melaksanakan haji di tahun ini.

Penting, Ini Letak Penempatan Hotel Jemaah Haji Indonesia di Makkah dan Madinah

Sistem pemesanan online baru tidak hanya menawarkan pengurangan jumlah tempat yang dialokasikan secara drastis untuk peziarah Inggris, tetapi juga memilih pelancong secara acak. Mereka yang telah memesan melalui agen, dan tidak dipilih secara acak, diberitahu untuk meminta pengembalian uang.

Jemaah haji memulai awal prosesi haji dari kawasan Mina, Kota Mekah

Photo :
  • spA
Utang Pemerintah Maret 2024 Turun Jadi Rp 8.262 Triliun, Begini Rinciannya

Haji yang berlangsung di dalam dan sekitar kota Makkah Arab Saudi, adalah salah satu dari lima rukun Islam. Muslim yang secara fisik mampu, dan mampu harus menyelesaikan haji setidaknya sekali seumur hidup mereka dan bagi banyak orang, ini benar-benar kesempatan sekali seumur hidup karena biayanya yang tinggi.

Setiap tahun Kementerian Haji dan Umrah pemerintah Saudi menetapkan kuota jumlah jemaah haji internasional dari setiap negara yang diizinkan melakukan perjalanan. Paket haji dapat berharga antara  antara 6.000 poundsterling dan 10 ribu poundsterling.

Agen perjalanan lokal Hafiz Khalid mengatakan, jika agennya yang berbasis di Spinney Hills, Al Barkat Travels, seperti banyak agen lainnya, merencanakan haji hingga enam bulan sebelumnya. 

Dia berkata: “Pada tahun 2020, kami sepenuhnya dipesan dan pelanggan itu sudah harus menunggu selama dua tahun.  Banyak yang berharap untuk pergi tahun ini karena, terutama bagi mereka yang memiliki masalah kesehatan, mereka tidak tahu bagaimana situasi mereka tahun depan. Mereka sudah memesan penerbangan mereka dan kemudian kami mengetahui tentang sistem online baru dan mereka berkecil hati.”

Tapi masalah tidak berhenti di situ. Mr Khalid dan stafnya telah membantu mereka yang dipilih untuk menavigasi sistem pemesanan baru yang dia gambarkan sebagai "shambolic".

Beberapa dari mereka yang dipilih melalui sistem lotre telah mengubah penerbangan mereka pada menit terakhir, perubahan yang tidak dapat dijelaskan pada pemesanan hotel dan penundaan transfer pada saat kedatangan hingga 13 jam.

 “Kami telah berusaha membantu orang-orang yang datang kepada kami dengan masalah. Satu keluarga dipilih tetapi kemudian diberitahu bahwa ada kesalahan dalam sistem. Yang lain telah tiba di sana dan diberitahu bahwa mereka tidak memiliki pemesanan untuk hotel. Seorang wanita tua mengatakan perjalanan dari kota Madinah ke Makkah, yang biasanya memakan waktu hingga lima jam, memakan waktu 12 jam karena pengemudinya tidak berpengalaman,” melansir leicestermercury.co.uk.

Biasanya, staf Al Barkat, termasuk Tuan Khalid, bepergian dengan para peziarah sebagai bagian dari satu paket, bertindak sebagai pemandu mereka selama perjalanan. Namun dia mengatakan beberapa dari mereka yang pergi sekarang tidak didukung, meskipun menghabiskan tabungan hidup mereka untuk perjalanan.

Dari perspektif bisnis, Khalid menambahkan bahwa maskapai penerbangan, agen perjalanan, dan organisasi afiliasi lainnya terpengaruh sebagai akibat dari pengenalan menit terakhir dari sistem pemesanan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya