Hari Koperasi, Dekopin dan Dekopinwil Ziarah ke Makam Bung Hatta

Dewan Koperasi Nasional Ziarah ke Makam Bung Hatta
Sumber :

VIVA Nasional – Dalam rangkaian Hari Koperasi Nasional atau Harkopnas ke-75, jajaran Dewan Koperasi Nasional (Dekopin), melakukan ziarah ke makam Mohammad Hatta atau Bung Hatta. Seperti diketahui, Wakil Presiden RI pertama itu adalah Bapak Koperasi Indonesia.

Presiden KSPSI Harap Kemandirian Organisasi Buruh Terbangun Lewat Koperasi

Ziarah dilakukan ke makam Bung Hatta yang juga Proklamator RI itu, di TPU Tanah Kusir, Bintaro, Jakarta Selatan. Hadir juga Staf Khusus Menteri Koperasi dan UMKM, Agus Santoso bersama dengan jajaran pengurus Dekopin, Dekopinwil, dan Dekopinda. 

"Kita juga melakukan tahlil agar arwah beliau diterima oleh Allah Subhana Wa Ta'ala, agar dosanya diampuni dan api perjuangannya dapat kami lanjutkan sebagai gerakan koperasi. Agar gerakan koperasi di Indonesia dapat kembali menjadi mainstream dalam kebijakan pemerintah Indonesia," kata Ketua Umum Dekopin, Dr. Sri Untari Bisowarno, dalam keterangannya yang diterima Jumat 8 Juli 2022.

Teten: Pupuk Subsidi di Indonesia Suka Hilang Waktu Dibutuhkan Petani

Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-75 akan dilaksanakan pada 13-17 Juli 2022 dan akan berlangsung di Bali. Ziarah ke makam Bung Hatta adalah bagian dari rangkaian peringatan tersebut.

Selain itu, akan ada seminar nasional, penanaman pohon mangrove, pameran, dan dilanjutkan dengan kegiatan Rapat Kerja Nasional Dekopin tahun 2022.

Viral Video Anies Bicara di Depan Lukisan Bung Hatta, Ini Respons Timnas Amin

"Tanggal 14, kita akan melaksanakan puncak acara dengan pemberian penghargaan kepada semua yang memiliki prestasi kepada dunia koperasi. Baik itu kepala daerah, pejabat negara maupun rekan-rekan kita di gerakan koperasi yang memiliki integritas dan kontribusi terhadap gerakan koperasi," jelasnya.

Gerakan koperasi saat ini, harus bertransformasi. Menurutnya, harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini. Salah satunya menyesuaikan juga menyusun langkah gerakan dan program berdasarkan Sustainable Development Goals (SDGs).

Lanjutnya, juga mempersiapkan gebrakan baru. Yakni kampanye 5 Juta Milenial berkoperasi. Yang merupakan kerja sama antara Dekopin bersama dengan Kinarya Coop untuk mengajak kaum milenial aktif berkoperasi melalui ekonomi kreatif dan film.

"Karena kita sadar koperasi ini tidak boleh mati, maka kita harus siapkan regenerasi. Selain itu kita akan memberikan hibah 1000 aplikasi sistem koperasi, termasuk kita akan chanelkan teman-teman koperasi kepada perbankan," jelas Sri Untari.

Ini semua dilakukan, sebagai wujud kontribusi untuk menjadikan koperasi di Indonesia memiliki kekuatan dan berdaya. Hal itu mendapat sambutan baik dan apresiasi dari Staff Khusus Kemenkop-UKM, Agus Santoso.

Dia berharap agar semangat dan tekad daripada jajaran pengurus Dekopin, Dekopinwil, dan Dekopinda untuk meneruskan api perjuangan Bung Hatta dalam ipaya membangun kesejahteraan rakyat dan keadilan ekonomi melalui koperasi dapat terwujud.

"Kami berharap untuk gerakan koperasi tetap terus hidup, terus membumi dan solid. Koperasi kuat, rakyat berdaulat, Indonesia hebat," kata Agus Santoso.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya