Bahagianya Warga Tangerang Ikut Solat Idul Adha

Salat Idul Adha di Tangerang
Sumber :
  • VIVA / Sherly (Tangerang)

VIVA Nasional – Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah jatuh pada 10 Juli 2022. Namun, tidak sedikit masyarakat yang merayakan Hari Raya Idul Adha pada hari ini, 9 Juli 2022 mengikuti Muhammadiyah.

Menkominfo Sebut Pemerintah Segera Bentuk Satgas Atasi Darurat Judi Online

Seperti di Tangerang, sejumlah warga yang tinggal di wilayah Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang, telah menggelar solat Id pada hari ini, Sabtu, 9 Juli 2022.

Salah satunya di Kampung Sangiang, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. Sebagian warga setempat, menggelar solat dan pemotongan hewan kurban pada hari ini. 

Imam Masjid di Inggris Dilaporkan ke Polisi Gegara Izinkan Siswa Salat

Ilustrasi salat Idul Adha

Photo :
  • ANTARA/Rivan Awal Lingga

Romadon, salah seorang warga mengatakan, solat Idul Adha tahun ini memiliki kesan berarti bagi dirinya, setelah dua tahun kemarin tidak menggelar solat Ied atau dengan batasan kapasitas. 

Heboh! Beredar Foto Pendeta Gilbert Peluk Bendera Israel

"Dua tahun kemarin karena kasus Covid-19 lagi tinggi, terpaksa solat di rumah. Tapi tahun ini balik lagi kita gelar di luar rumah, senang banget," katanya. 

Meski memang, saat melaksanakan solat, ia tetap harus mengenakan masker sesuai dengan anjuran yang ada. 

"Kan diimbau tetap pakai masker, jadi untuk menjaga prokesnya, saya tetap pakai makser," ujarnya. 

Selain di Kota Tangerang, terpantau titik lainnya juga telah menggelar solat Idul Adha, yakni di Pasar Kemis, Kemis Kabupaten Tangerang. 

Aisyah, salah seorang warga mengatakan, untuk di lingkungannya, terdapat beberapa warga yang merayakan Idul Adha hari ni, maupun besok. 

"Ada yang hari ini, ada yang besok, tapi itu enggak jadi masalah, kita tetap merayakannya bersama-sama," ujarnya. 

Lanjut Aisyah, untuk proses pemotongan hewan kurban dibagi menjadi dua, ada yang hari ini, dan juga besok. 

"Di sini kurban ada lumayan banyak, 3 sapi dan 6 kambing, ya kesepakatan panitia dibagi dua proses motongnya," ungkapnya. 

Sementara itu sebelumnya, kepala daerah di wilayah Tangerang juga mengimbau agar, dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, masyarakat tetap bisa menjaga protokol kesehatan. 

Bupati Tangerang  Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, prokes harus tetap diterapkan masyarakat baik saat solat, maupun pada proses pemotongan hewan kurban. 

"Prokesnya tetap jaga, jangan lupa pakai masker. Dan panitia kurbannya juga sama, jangan membuat kerumunan terutama saat pembagian daging," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya