Gereja di Solo Tiadakan Kebaktian Demi Khidmatnya Salat Id

Gereja Kristen Jawa (GKJ) Joyodiningratan dan Masjid Al Hikmah di Solo.
Gereja Kristen Jawa (GKJ) Joyodiningratan dan Masjid Al Hikmah di Solo.
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Sodiq.

VIVA Nasional - Indahnya toleransi kehidupan antar beragama tersaji antara Gereja Kristen Jawa (GKJ) Joyodiningratan dengan Masjid Al Hikmah. Momen perayaan Idul Adha yang jatuh paa Minggu, 10 Juli 2022, menyebabkan gereja memutuskan untuk meniadakan jadwal kebaktian pagi. Hal ini dilakukan lantaran halaman depan gereja digunakan untuk salat id jemaah.

Ilustrasi Salat Idul Adha

Ilustrasi Salat Idul Adha

Photo :
  • Santosa Suparman/tvOne

Saling Berdampingan

Seperti diketahui letak GKJ Joyodiningratan dan Msjid Al Hikmah saling berdampingan. Bahkan, nomor alamat kedua tempat ibadah tersebut pun sama yakni beralamat di Jalan Gatot Subroto No 222 Kratonan, Kecamatan Serengan, Solo. Prasasti tugu lilin yang menjadi bukti saling janji untuk tetap menjaga kerukunan berdiri tegak di antara tembok pembatas antara gereja dengan masjid.

Baca juga: Bolehkah Daging Kurban Diberikan ke Non Muslim? Ini kata UAS

Jaga Kerukunan

Saat perayaan Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada hari Minggu ini juga menjadi saksi untuk saling menghormati dan menjaga kerukunan. Sebabnya, pengurus GKJ Joyodingratan memutuskan untuk meniadakan jadwal kebaktian pagi karena jalan di depan gereja dan masjid itu menjadi tempat pelaksanaan salat id. Sedangkan untuk jadwal kebaktian pukul 15.30 dan 18.30 WIB tetap digelar.