Visa Tak Terbit, Jemaah Calon Haji Furoda Tuntut Refund

Jemaah Haji Indonesia melontar jumroh
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA – Sejumlah jemaah calon haji furoda Jannah Firdaus Tour & Travel gagal berangkat ke Tanah Suci Mekah tahun ini. Mereka menuntut pengembalian uang (refund) karena karena visa haji furoda dari Kerajaan Arab Saudi tidak terbit (issued).

Jemaah Salat Id Bubar, Respons Mabes TNI soal Pengendara Fortuner Ngaku Adik Jenderal

Ramdani, salah satu calon jemaah mengisahkan kejadiannya. Awalnya ia mendapatkan informasi dari Jannah Firdaus pada 26 Juni 2022 lalu. Saat itu, CEO perusahaan menginformasikan penundaan keberangkatan haji furoda tahun ini. Alasannya, terlalu besar risikonya jika jemaah tidak mendapatkan tiket pesawat ketika dipaksakan berangkat di tanggal 2 atau 3 Zulhijah.

Ramdani mengatakan perusahaan tour & travel itu mengumumkan bahwa bagi jemaah yang enggan membayar otomatis akan ditunda keberangkatannya tahun depan. Sementara jemaah yang memilih pergi tahun ini pun tidak dijamin 100 persen akan mendapatkan visa furodanya.

Jemaah Salat Id di Bantul Bubar Dipicu Khatib Ceramah Pemilu Curang, Begini Respons Kemenag

"Pada fase ini beberapa jemaah sudah mulai minta refund 100 persen. Namun, bisa dicek pada pengumuman (dari perusahaan, Red), tidak ada info adanya refund 100 persen," ungkap Ramdani dalam keterangan persnya, Jumat, 8 Juli 2022.

Lalu, dia mengatakan bahwa perusahaan mengumumkan kalau calon jemaah yang ingin berangkat tahun ini harus menyetor kembali biaya tambahan US 2000 atau Rp 29,5 juta sebelum visa keluar. Menurut Ramdani, biaya itu cukup besar karena awalnya dia telah memilih paket VIP senilai USD 17.500 dan salah satu anggota keluarganya untuk paket ekonomi sebesar USD 13 ribu.

Bunyi Ceramah Khatib di Bantul yang Viral soal Pemilu Curang Picu Jemaah Salat Id Bubar

"Kami diminta menyetor maksimal keesokan harinya. Para jemaah kalang kabut mencari uang sebanyak itu dalam semalam. Karena diinfo kalau enggak setor, enggak diproses visanya," ujar Ramdani.

Pada tanggal 5 Juli 2022, Jannah Firdaus Tour & Travel kembali mengeluarkan pengumuman. Jemaah yang tidak mendapatkan visa haji furoda, dinyatakan batal berangkat tahun ini. Dalam pertemuan yang digelar secara tertutup, manajemen memberikan tiga opsi.

Pertama, penundaan keberangkatan hingga tahun depan tanpa refund, dan biaya keberangkatan tidak mengalami penambahan.

Kedua, perusahaan menahan USD 7 ribu sebagai uang muka tahun depan. Ketiga, dana USD 7 ribu milik jemaah yang mengajukan refund ditahan hingga Jannah Firdaus Tour & Travel mendapatkan jemaah baru.

"Masa iya kami disuruh jadi marketing Jannah Firdaus? Dalam opsi itu tidak ada sama sekali soal refund 100 persen. Di MoU awal jelas-jelas ada," kata Ramdani.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya