Penembakan di Rumah Irjen Ferdy Sambo, Tiga Saksi Diperiksa

Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budhi Herdi
Sumber :
  • VIVA/ Andrew Tito

VIVA Nasional – Kasus baku tembak berdarah antara Brigadir J dengan Bharada E di rumah dinas Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan Polri, Inspektur Jenderal Polisi Ferdy Sambo kini tengah diusut Polres Metro Jakarta Selatan.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Kasus ini bukan ditangani Badan Reserse Kriminal Polri. Pasalnya, kejadian tersebut terjadi di wilayah hukum Polres Metro Jaksel, yakni di Duren Tiga. Menurut Kapolres Metro Jaksel, Komisaris Besar Polisi Budhi Herdi Susianto, pihaknya masih menangani kasus ini. Sehingga, pihaknya belum bisa berkata banyak.

"Penyidik Polres Metro Jaksel sudah menanganinya karena kan TKP (Tempat Kejadian Perkara) masuk wilkum (wilayah hukum) Jaksel," kata dia kepada wartawan, Selasa 12 Juli 2022.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Kondisi rumah dinas Irjen Pol. Ferdy Sambo usai insiden baku tembak di Jakarta

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito

Mantan Kapolres Metro Jakarta Utara ini mengatakan, sampai sekarang telah ada yang dimintai keterangannya terkait kejadian berdarah antara pengawal keluarga Sambo dan sopir pribadi istri Sambo itu. Ada tiga orang yang telah selesai di BAP. Ketiga orang yang dimaksud menurutnya ada di lokasi kejadian saat itu. Tapi tidak dirinci siapa ketiganya.

Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

Namun, berdasar pernyataan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Ahmad Ramadhan pada Senin 11 Juli 2022 kemarin, beberapa saksi di tempat kejadian yang telah dimintai keterangan, salah satunya adalah istri dari Sambo dan Bharada E. Sementara satu orang lagi belum dibeberkan juga.

"Saat ini yang sudah menyelesaikan BAP sebanyak 3 orang yang saat itu ada di TKP," katanya.

Sebelumnya, Ramadhan mengatakan, peristiwa baku tembak tersebut terjadi pada Jumat 8 Juli 2022 pukul 17.00 sore. "Saya akan menyampaikan informasi terkait adanya penambakan seorang Brigadir inisial J, dimana peristiwa itu benar telah terjadi pada hari jumat 8 juli 2022. Kurang lebih jam 17.00 atau jam 5 sore," ucap Ramadhan.

Kini, pihak kepolisian akan menyelidiki lebih lanjut terkait kasus penembakan yang menyebabkan anak buah dari Kadiv Propam Mabes Polri Irjen Pol Ferdy Sambo itu tewas.

Baca juga: Adu Tembak Ajudan Irjen Ferdy Sambo, Penggunaan Senpi Disorot

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya