Polisi Olah TKP Baku Tembak di Rumah Irjen Ferdy Sambo, Ini Hasilnya

Rumah Dinas Irjen Ferdy Sambo
Sumber :
  • VIVA / Andrew Tito (Jakarta)

VIVA Nasional – Olah tempat kejadian perkara (TKP) baku tembak antara Nopryansah Yosua Hutabarat alias Brigadir J atau Brigadir Yosua dengan Bharada E sudah selesai dilakukan petugas Polres Jakarta Selatan, Rabu dini hari, 13 Juli 2022.

Sederet Kontroversi Pendeta Gilbert, Olok-olok Salat hingga Pakai Jam Harga Fortuner

TKP baku tembak antara Brigadir J dan Bharada E berlokasi kediaman Kadiv Prompam (Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan) Polri Irjen Pol Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Pancoran, Jaksel. Brigadir J merupakan anggota Polri yang berdinas sebagai sopir pribadi istri Ferdy Sambo. Sedangkan Bharada E merupakan ajudan Ferdy Sambo.

Polisi masih melakukan penyelidikan terkait peristiwa baku tembak itu. Dari TKP, mereka mengumpulkan sejumlah barang bukti yang akan diserahkan ke Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri.

Pj Gubernur Papua Tengah Minta Insiden Demo Penolakan Militerisme di Nabire Jangan Terulang

"Surat pengantar pemeriksaan barang bukti ke laboratorium forensik," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Budhi Herdi Susianto, Selasa.

Budhi mengatakan akan mengantarkan barang bukti yang ditemukan di tempat kejadian perkara (TKP) ke laboratorium forensik.

Ungkap Kisah Masa Lalu, Inul Daratista Nyaris Pingsan Dimarahi Rhoma Irama

"Kami saat ini sedang melakukan pemeriksaan uji balistik terhadap barang bukti yang kami temukan yakni dua senjata, Glock dan HS. Kami juga mengirimkan proyektil dan selongsong peluru ke Puslabfor Polri," tambahnya.

Sementara itu pihak kepolisian saat ini tengah menunggu hasil autopsi lengkap dari RS Polri Kramat Jati.

"Setelah hasil autopsi keluar, kami juga akan meminta keterangan ahli yakni ahli forensik dari dokter forensik maupun laboratorium forensik, guna mendukung fakta-fakta yang kami temukan di TKP," tutup Budhi.

Saat olah TKP, di sekitar rumah Ferdy Sambo terpasang garis polisi. Wartawan hanya diizinkan meliput olah TKP di luar rumah. Dari kamar di lantai dua rumah Ferdy Sambo, menyala lampu biru X-Ray. 

Selama proses olah TKP berlangsung, petugas menjaga ketat sekitar lokasi. Jalan menuju pintu samping rumah singgah Ferdy Sambo ini juga ditutup dengan garis polisi. Namun, setelah olah TKP usai, garis polisi tersebut dilepas.

Insiden baku tembak di rumah Irjen Ferdy Sambo menewaskan Brigadir Novriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Brigadir J tewas setelah Bharada E memuntahkan 5 kali tembakan dari senjata HS-9.

Insiden ini diawali ketika Brigadir J masuk ke kamar istri Irjen Ferdy Sambo. Brigadir J disebut melakukan pelecehan dan penodongan kepada istri Ferdy Sambo yang saat itu ada di dalam kamarnya.

Istri Irjen Ferdy itu sontak berteriak meminta tolong berulang kali hingga kemudian Bharada E keluar. Saat Bharada E hendak menanyakan ada apa gerangan yang terjadi, tetapi malah dibalas tembakan oleh Brigadir J. Baku tembak pun terjadi.

Saat kejadian Irjen Ferdy dilaporkan tak ada di rumahnya. Ferdy datang ke rumahnya setelah dihubungi istrinya. Kadiv Propam kemudian menghubungi Kapolres Jaksel Kombes Budhi Herdi Susianto melaporkan insiden berdarah itu. Kasus yang terjadi hari Jumat itu baru diungkap kepolisian pada hari Senin, 11 Juli 2022.

Baca juga: Terungkap Alasan Bharada RE Tak Kawal Ferdy Sambo saat Insiden Maut

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya