Sandiaga Ditantang Buat Nama Kerupuk Ubi Milik Emak-emak di Gorontalo

Menparekraf Sandiaga Uno di Gorontalo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Nasional – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan nama kerupuk ubi produk UMKM di Desa Wisata Lonuo Bukit Arang, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, Rabu, 13 Juli 2022.

Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Momen itu terjadi saat Sandiaga bertemu Hamirah Kude (52), pembuat sekaligus penjual kerupuk ubi di pameran kuliner Desa Wisata Lonuo Bukit Arang. Sandiaga tertarik untuk mencicipi kerupuk ubi buatan Hamirah.

Ketika itu Sandiaga melihat produk kuliner milik Hamirah masih terdapat kekurangan. Kerupuk ubi tersebut belum mempunyai nama produk dan kemasan yang menarik. 

OJK Ingatkan Emak-emak Hati-hati Terjerat Rentenir: Bunganya Luar Biasa Mencekik Leher

"Bu Hamirah sangat penting menamai produk ini. Ini (kerupuk ubi) harus kita kasih nama nih," kata Sandiaga di Puncak Bukit Arang.

Kemudian, Sandiaga ditantang untuk memberikan merek produk tersebut. Tanpa perlu waktu lama, Sandiaga langsung membuat merek produk Hamirah.

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

"Ubi bahasa Gorontalonya apa? Kasubi ya. Saya beri nama ini, karena ini juara desa wisata jadi Kerupuk Kasubi Lonuo Bukit Arang Asli Gorontalo," ucap Sandiaga.

Selain memberi nama produk, Sandiaga juga membantu perbaikan kemasan, pendampingan hingga pemasaran. Sehingga kerupuk ubi buatan Hamirah bisa menambah nilai jual, membuka lapangan pekerjaan, dan meningkatkan ekonomi. 

"Kita ingin bantu Bu Hamirah untuk packaging dan pemasarannya, nanti kita buatkan kontennya. Saya punya tim untuk membantu pendampingannya," tegas Sandiaga.

Adapun kunjungan Sandiaga di Desa Wisata Lonuo Bukit Arang ini terkait program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Desa Lonuo masuk sebagai 50 besar desa wisata terbaik tahun ini.

Di Desa Wisata Lonuo Bukit Arang ini pengunjung dapat menikmati pesona alam dari ketinggian 347Mdpl. Objek wisata ini menyuguhkan pemandangan perbukitan sekaligus suasana Kabupaten dan Kota Gorontalo.

Selain itu, Desa Wisata Lonuo Bukit Arang menjadi lokasi Paralayang satu-satunya di Gorontalo yang sangat diminati oleh para atlet paralayang baik dari Jawa, dan Manado.

Baca juga: Sandiaga Beri Tips ke Santri di Kalsel Jadi Konten Kreator Sukses

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya