4 Fakta Layanan Skuter di Masjidil Haram yang Bantu Jemaah Tawaf

Fasilitas skuter di Masjidil Haram Mekah
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA Nasional – Berbagai fasilitas dan layanan haji dari tahun ke tahun terus dikembangkan dan diperbaiki. Hal ini dilakukan agar jemaah haji lebih nyaman sehingga dapat melaksanakan rangkaian ibadah dengan baik. 

Mansory Sulap Vespa Elettrica Menjadi Skuter Mewah

Salah satu fasilitas haji adalah kursi roda bagi para jemaah yang tidak kuat mengitari ka’bah atau tawaf. Tak hanya kursi roda, jemaah juga bisa menyewa skuter listrik untuk memudahkan tawaf. Skuter yang hadir berwarna hijau dan memiliki satu kursi busa layaknya jok pada bus. 

Jemaah dapat menyewa skuter listrik ini di lantai 3 Masjidil Haram. Di sana terdapat petugas yang sedia melayani jemaah. Berikut fakta-fakta seputar skuter listrik untuk jemaah haji yang VIVA himpun dari berbagai sumber.

Vespa World Days 2024 Siap Menyapa Penggemar dari Seluruh Dunia

Petugas skuter dengan seragam

Tangkap layar, cuplikan jemaah haji menaiki scooter untuk tawaf

Photo :
  • Instagram: beasiswasaudi
Warganet Syok Lihat Cara Pengendara Motor Ini Bonceng Anak

Agar dapat mudah mengenali petugas khusus menangani skuter, mereka pun mengenakan seragam berupa gamis putih yang dibalut rompi hijau serta sorban putih motif merah. Rompi mereka disertai nomor identitas yang menandakan petugas resmi.

Tersedia lebih dari 500 unit

Jemaah haji dapat melakukan tawaf menggunakan scooter matic

Photo :
  • Kemenag

Para jemaah tak perlu khawatir tidak mendapat kesempatan menyewa skuter listrik ini. Pasalnya jumlah skuter yang tersedia lebih dari 500 unit dan siap untuk membantu jemaah tawaf.

Biaya sewa seharga 115 riyal

Fasilitas skuter di Masjidil Haram Mekah

Photo :
  • MCH 2022

Menyewa satu skuter dengan kapasitas dua orang untuk tawaf atau sa’i dikenakan biaya 115 riyal atau sekitar Rp460 ribu. Jika satu orang, harganya dibanderol 57 riyal atau setara dengan Rp230 ribu. 

Selain itu, ada paket tawaf dan sa’i sekaligus. Paket ini merogoh kocek 230 riyal (Rp920 ribu) untuk dua orang dan 115 riyal untuk satu orang. Sekali sewa jemaah dapat menggunakannya hingga sekitar dua jam.

Mudah dikendarai

skuter listrik di Masjidil Haram

Photo :
  • Alarabiya News

Skuter ini memiliki desain seperti kendaraan matic sehingga terbilang mudah untuk dikemudikan. Untuk kecepatannya, skuter dapat dipacu sampai rata-rata 20km per jam. Karena skuter ini berdaya listrik, maka tersedia pula alat untuk mengisi daya kembali. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya