7 Kloter Jemaah Haji dari Empat Embarkasi Pulang Hari Ini

Kepulangan Jemaah Haji 2019
Sumber :
  • VIVA/Darmawan/MCH 2019

VIVA Nasional – Operasional Penyelenggaraan Haji Tahun 1443H/2022 pada hari ini Jumat, 15 Juli 2022 telah memasuki hari ke satu masa pemulangan jemaah haji Indonesia yang dimulai dengan kelompok gelombang terbang kloter pertama. 

Garuda Delay, Kedatangan Jemaah Haji Kloter 48 ke Asrama Donohudan Molor 8 Jam

Berdasarkan laporan dalam siaran pers Kemenag RI, Hari ini ada sebanyak tujuh kloter jemaah haji yang akan dipulangkan dengan tujuan empat embarkasi yakni Solo (SOC), Padang (PDG), Jakarta-Bekasi (JKS) dan Jakarta-Pondokgede (JKG). 

Jumlah jemaah haji kloter pertama yang akan dipulangkan ke Tanah Air pada hari ini ada sebanyak 2.705 orang. Berikut ini data kepulangan jemaah haji kloter pertama yang hari ini pulang dari Tanah Suci dan masing-masing jumlahnya:

Jemaah Haji Delay 4 Jam Akibat Pesawat Rusak, Kemenag Beri Teguran Keras ke Garuda Indonesia
  • Solo (SOC) 2 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 714 orang
  • Padang (PDG) 1 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 393 orang
  • Jakarta-Bekasi (JKS) 2 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 818 orang
  • Jakarta-Pondokgede (JKG) 2 kloter dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 780 orang

Sebelumnya, Wakil Menteri agama sekaligus Naib Amirul Hajj Zainut Tauhid Sa'adi telah melepas keberangkatan kloter pertama jemaah haji yang akan kembali ke Tanah Air. Pelepasan tersebut dilakukan di hotel Al Keswah, Jarwal, Makkah, pada Kamis, 14 Juli 2022 malam Waktu Arab Saudi (WAS).

Jemaah Haji Marah ke Garuda, Pesawat Kloter SOC 41 Delay karena Rusak

Jumlah jemaah yang perdana dilepaskan sebanyak 390 orang dalam kelompok terbang kloter 1 Embarkasi Solo (SOC) yang akan diterbangkan dari Bandara King Abdul Aziz, Jeddah menuju Tanah Air pada pukul 05.10 WAS, Jumat, 15 Juli 2022.

Prosesi pelepasan jemaah haji SOC 1 dilakukan dengan penyerahan bendera merah putih dari Wamenag kepada Ketua Kloter. Jemaah kemudian diantar untuk masuk ke dalam bus dengan lantunan shalawat yang bergerak menuju ke Jeddah.

Selanjutnya sebanyak 393 orang jemaah haji asal Padang (PDG) kloter 1 menyusul untuk diberangkatkan pulang ke Tanah Air yang rencananya akan diterbangkan pukul 07.10 WAS, Jumat, 15 Juli 2022.

Selain SOC 1 dan PDG 1, akan diterbangkan juga di hari yang sama jemaah SOC 2, Kloter 1 dan 2 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) serta Kloter 1 Jakarta-Pondokgede (JKG).

Seluruh jemaah haji tahun ini akan segera kembali ke Tanah Air secara bertahap setelah menyelesaikan seluruh rangkaian ibadah haji. Para jemaah telah berada di Tanah Suci baik di Madinah maupun di Mekah selama 42 hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya