Raja Udara! Ini 5 Negara dengan Jet Tempur Terbanyak di Dunia

VIVA Militer: Ilustrasi Pesawat Tempur Luncurkan Serangan Rudal
Sumber :
  • Defense.gov

VIVA Dunia – Angkatan udara telah menjadi bagian yang paling menonjol dari pertahanan militer di negara manapun. Angkatan udara ini terlibat dalam berbagai konflik perang dan perselisihan di seluruh dunia. Produksi jet tempur untuk militer meningkat karena banyak negara memiliki kebutuhan untuk mengamankan wilayah udara mereka dan menunjukkan kemampuan militer. Negara apa saja? Mengutip dari DefenceXP, berikut ini negara dengan jet tempur terbanyak di dunia. 

8 Negara dengan Penurunan Tercepat di Asia

1. Amerika Serikat

VIVA Militer: Bentuk Pesawat Tempur Amerika yang Baru, Gantikan F-35

Photo :
  • Task and Purpose
Ramalan Jayabaya Soal Perang Dunia Ketiga, Bakal Terjadi di 2024 Karena Iran vs Israel?

Negara dengan jet tempur terbanyak di dunia di urutan pertama ada Amerika Serikat  dengan jumlah pesawat tempur sebanyak 2362. USAF mengoperasikan ratusan f 16, F 15 dan A10 yang dikerahkan di seluruh dunia di pangkalan militer mereka di luar negeri. USAF juga mengoperasikan pesawat tempur generasi ke-5 seperti F 22 Raptor dan F 35 bersama dengan F 117 night hawk.

2. China

Alasan Negara Arab Lebih Pilih Dukung Israel daripada Iran, Khawatir Perang Makin Luas

VIVA Militer: Pesawat tempur siluman China, Chenhdu J-20

Photo :
  • South China Morning Post (SCMP)

Selanjutnya ada China sebagai negara dengan jet tempur terbanyak di dunia di urutan kedua. China memiliki sebanyak 1668 jet tempur. Meskipun dua pertiga dari angkatan udaranya terdiri dari jet tempur yang sudah lama atau ketinggalan zaman. China memiliki 728 Chengdu j7, 323 Chengdu j-10 dan 205 Chengdu j11. Semua jet tempur ini adalah salinan ilegal dari Rusia dan Soviet. PLAAF juga dilengkapi dengan beberapa pesawat tempur Rusia seperti Su 30 MKM dan Su 35. PLAAF juga mengoperasikan beberapa Chengdu J 20 yang diklaim China sebagai pesawat tempur generasi ke-5 meskipun sebagian besar dikembangkan dari rencana raptor F 22 yang dicuri.

3. Rusia

Pesawat tempur rusia

Photo :
  • mahessarey

Urutan ketiga ada negara Rusia dengan Angkatan Udaranya yang mengoperasikan 1076 pesawat jet tempur seperti Mikoyan mig-31, mig-29, Sukhoi Su-27, Su 25, Sukhoi Su-30, Sukhoi Su-34, Sukhoi Su-35 dan masih banyak lagi. Rusia sendiri pernah menjadi salah satu eksportir pesawat tempur terbesar di dunia. Pesawat tempur Rusia dikenal dengan kemampuan manuvernya, terutama Su 35, Su 30, Su 27 dan Mig 29.

4. India

VIVA Militer: Jet tempur India, Sukhoi Su-30

Photo :
  • TASS

India juga menjadi salah satu negara dengan jet tempur terbanyak di dunia di urutan keempat.  Angkatan Udara India dilengkapi dengan berbagai pesawat jet tempur dan sebanyak 272 armada tempur dengan Su 30 MKI sebagai tulang punggung IAF. Sementara pesawat jet tempur lainnya termasuk Dassault Rafale, mirage 2000, SEPECAT Jaguar, Mig 29, Mig 21 dan Indigenous LCA Tejas. Jumlah pesawat tempur yang dimiliki negara ada sebanyak 589.m dan menjadi Angkatan Udara terbesar ke-4 di dunia.

5. Korea Utara

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un

Photo :
  • USA Today

Terakhir ada negara Korea Utara yang memiliki jumlah jet tempur sebanyak 563 buah. Pesawat tempur utama mereka adalah jung yang dirancang China seperti Shenyang f5, j6 dan Chengdu j7. Jet tempur mereka juga dilengkapi dengan pesawat Soviet seperti Mig-21, Mig-23, Sukhoi Su-7b dan Sukhoi Su-25. Dibandingkan dengan Korea Selatan, semua jet tempur Korea Selatan ini sudah ketinggalan zaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya