Buronan KPK, Bupati Mamberamo Tengah Kabur ke PNG Lewat Jalur Tikus

Bupati Mamberamo Ricky Ham Pagawak (tengah)
Sumber :
  • Pemkab Mamberamo Tengah

VIVA Nasional – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menduga Bupati Mamberamo  Tengah Ricky Ham Pagawak diduga kabur ke Papua Nugini. Ricky diduga menggunakan jalur tikus untuk melarikan diri dari panggilan paksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Eks Sespri Sekjen Ungkap BAP KPK Bocor ke Pejabat Kementan

Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, I Nyoman Gede Surya Mataram mengatakan Ricky tidak mungkin ke Papua Nugini melalui jalur resmi penerbangan. Sebab, dia sudah masuk daftar cegah berdasarkan permintaan KPK untuk bepergian ke luar negeri.

"Paspor RHP (Ricky Ham Pagawak) juga resmi dicabut sehingga tidak lagi berfungsi sebagai dokumen negara," kata Nyoman melalui keterangan tertulis, Senin, 18 Juli 2022.

Jaksa Sebut SYL Bayar Tagihan Kartu Kredit Ratusan Juta Pakai Uang Hasil Korupsi di Kementan

Nyoman menambahkan, pencegahan untuk Ricky berlaku sampai 3 Desember 2022. Sehingga, saat ini, paspor Ricky hanya sebuah buku yang berisikan tulisan biasa.

Ricky Ham Pagawak merupakan tersangka dalam kasus dugaan suap dan gratifikasi pelaksanaan berbagai proyek di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamberamo Tengah. Dia dijadikan buronan lantaran mangkir terus dalam pemanggilan penyidik KPK. 

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron Laporkan Albertina Ho ke Dewas, Ada Apa?

Belakangan Ricky hilang saat dipanggil paksa penyidik. KPK sudah meminta bantuan Polda Papua untuk mencari Ricky.
 

Syahrul Yasin Limpo (SYL), Jalani Sidang Perdana

Anak Buah SYL Video Call Bahas 'Orang KPK' dan 'Ketua': Siapin Dolar Nanti Kami Atur

Mantan Sespri Sekjen Kementerian Pertanian, Merdian Tri Hadi menyebut terdakwa Kasdi Subagyo sempat berkomunikasi dengan seseorang melalui video call.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024