4 Jenderal Polisi yang Usut Penembakan di Rumah Irjen Ferdy Sambo

Kadiv Propam Polri Irjen Pol Ferdy Sambo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Nasional – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo membentuk tim khusus untuk mengusut kasus penembakan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat yang tewas di rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.

Kombes Ade Safri Ungkap Belum Ada Permohonan Penangguhan Penahanan TikToker Galih Loss

Tim tersebut sudah bekerja, mulai dari olah TKP, pemeriksaan barang bukti hingga saksi-saksi. Untuk menghindari spekulasi penanganan kasus ini, Listyo akhirnya menonaktifkan Ferdy dari jabatannya sebagai Kadiv propam.

Jabatan Kadiv Propam kini diemban oleh Wakapolri Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pranowo hingga proses penyelidikan selesai. Tim yang dibentuk Kapolri diketahui diisi oleh empat jenderal terpilih, mereka adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy, Irwasum Komjen Agung Budi Maryoto, Kabareskrim Komjen Agus Andrianto, dan Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia Irjen Wahyu Widada. Berikut profil lengkap empat jenderal tersebut di antaranya:

Kasus Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas di Dalam Hotel, Polisi Tangkap 2 Pria

1. Komjen Gatot Eddy

Wakapolri Komjen Gatot Eddy

Photo :
  • VIVA / Foe Peace

Nasib Tragis Gadis 16 Tahun Tewas Usai Dicekoki Narkoba dan Dicabuli di Hotel Jaksel

Pria kelahiran Solok, Sumatera Barat 28 Juni 1965 merupakan lulusan Akpol 1988. Gatot berpengalaman dalam bidang reserse. Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya. Gatot juga pernah menduduki sejumlah jabatan penting di tubuh Polri, mulai dari Kapolres hingga jadi Asisten perencana anggaran Kapolri.

Gatot yang punya gelar doktor Kriminolog UI ini juga aktif di kegitan lainnya, seperti menjadi Ketua Umum Persatuan Masyarakat Riau Jakarta sejak Desember 2019.[3] Ia masih menjadi Koordinator Alumni SMA 1 Pekanbaru untuk Jakarta. Ia pernah menjadi Ketua Ikatan Alumni SMA 1 (Ikasmansa) Pekanbaru.

2. Komjen Agung

Komjen Pol Agung Budi Maryoto

Photo :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

Agung sekarang mengemban tugas sebagai Inspektur Pengawasan Umum Polri. Pria kelahiran 19 Februari 1965 merupakan Akpol luliusan 1987. Dia berpengalaman dalam bidang lantas. Jabatan terakhir jenderal bintang tiga ini adalah Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri. Suami dari amntan presenter cantik ini juga punya karier moncer. Dia pernah menduduki sejumlah jabatan penting, dari bidang operasi hingga Kepala lalu Lintas Polri.

Berkat kegigihannya, Agung meraih sejumlah penghargaan mulai dari bintang Bhayangkara Pratama hingga Bintang Yudha Dharma yang bermakna tanda kehormatan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk menghormati jasa dharmabakti seseorang yang benar-benar dirasakan manfaatnya oleh bangsa dan negara.

3. Komjen Agus Andrianto

Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Komjen Agus merupakan seorang perwira tinggi Polri yang sejak 18 Februari 2021 menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri. Agus, lulusan Akpol 1989 ini berpengalaman dalam bidang reserse. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri. Di bawah kepimimpinan Agus, sejumlah kasus besar yang menjadi perhatian publik pun terungkap, mulai dari kasus Indra Kenz dan Doni Salmanan hingga ACT. Kini Agus kembali menangani kasus besar yakni penembakan Brigadir J.

4. Irjen Wahyu Widada

Asisten Kapolri Bidang SDM, Irjen Pol Wahyu Widada.

Photo :
  • Dok. Polri.

Mantan Kapolda Aceh ini dipercaya Kapolri menjabat sebagai As SDM. Wahyu merupakan lulusan merupakan lulusan terbaik Akpol 1991 ini lahir 11 September 1969. Dia berpengalaman di bidang reserse. Jabatan yang pernah diembannya mulai dari Kapolres hingga beberapa Kapolda di daerah. Wahyu merupakan teman satu angkatan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya