Ponpes di Bogor Gelar Istigasah Supaya Ade Yasin Bisa Bebas

Mantan Bupati Bogor Ade Munawaroh Yasin.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Muhammad AR (Bogor)

VIVA Nasional – Sejumlah Pondok Pesantren di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menggelar doa bersama atau istigasah untuk Bupati nonaktif Bogor Ade Yasin yang sedang memperjuangkan keadilan. Diketahui, Ade menjadi terdakwa kasus dugaan pemberi suap kepada anggota BPK dan kini masih menjalani proses persidangan.

Sejumlah Kepala Daerah di Jatim Pastikan Stok LPG 3 Kg Aman

Pimpinan Pondok Pesantren Hidayatul Ikhwan, KH Encep Arsyudin mengatakan, ponpes nya jadi salah satu yang menggelar doa bersama untu Ade Yasin. Dia mengatakan, kegiatan doa ini dihadiri juga dari warga sekitar.

"Yang hadir bukan hanya dari Ponpes saja tapi dari tokoh masyarakat sekitar di Kecamatan Tenjo," kata KH Encep.

6 Adab Ziarah Kubur di Masa Lebaran yang Dianjurkan Nabi

Bupati Bogor Ade Yasin Ditangkap KPK

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Ia mengatakan, para ulama beserta masyarakat Bogor berharap agar Ade Yasin bisa bebas dari dakwaan di persidangan dan kembali aktif sebagai kepala daerah di Kabupaten Bogor. 

Doa Mustajab di Akhir Ramadhan: Mohon Dipertemukan Kembali dengan Bulan Suci

"Ini adalah bentuk kecintaan dari alim ulama dan masyarakat Kabupaten Bogor kepada sosok Ade Yasin," ujarnya.

Menurutnya, istigasah kali ini bertujuan untuk memberikan dukungan moral dan spiritual kepada Ade Yasin yang akan menjalani sidang kedua dengan agenda pembacaan eksepsi pada Rabu 20 Juli 2022.

KH Encep menyebutkan, kiai dan ulama memandang kedekatan mereka dengan Ade Yasin tidak perlu diragukan lagi. Hubungan emosional dengan para tokoh agama itu bahkan sudah dibangun sebelum Ade Yasin menjadi Bupati Bogor.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh masyarakat dan tokoh alim ulama di Kecamatan Rumpin, tepatnya di Pondok Pesantren Darul Wafa.

Sidang Perdana Ade Yasin

Photo :
  • VIVA / Adi Suparman (Bandung)

"Doa bersama ini dilakukan sebagai dukungan terhadap sosok Ade Yasin sebagai sosok bupati yang dekat dan dicintai oleh masyarakat Bogor," kata Pondok Pesantren Darul Wafa KH Ahmad Ibnu Athoillah.

Doa bersama juga dilakukan di Pondok Pesantren Darussifa Pamijahan, Pondok Pesantren Darul Mizan Tenjolaya, dan Majelis Sababul Khoir yang dipimpin Habib Mahdi bin Hamzah Assegaf.

Dalam dakwaannya Ade Yasin dituduh memerintahkan salah satu pejabat eselon IV Pemerintah Kabupaten Bogor untuk mengondisikan laporan keuangan Pemkab Bogor agar meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya