Sempat Hilang, Paspor Jemaah Ini Ditemukan di Tempat Sampah

Petugas Haji membantu mencari paspor jemaah yang hilang.
Sumber :
  • MCH 2022 / Zaky Al Yamani

VIVA – Pengalaman tidak biasa dialami Petugas Haji Daerah Kerja Bandara PPIH saat melepas kepulangan jemaah haji Indonesia Kloter 6 PDG, Rabu 20 Juli 2022. Satu orang jemaah sempat panik karena kehilangan paspor.

Peringatan Penting, Hati-Hati dengan Penawaran Haji Tidak Resmi di Media Sosial

Peristiwa ini bermula saat rombongan jemaah Kloter 6 PDG tiba di Terminal Haji Bandara Jeddah dari Mekah, Rabu pagi. Mereka kemudian diarahkan ke Plaza D Terminal Haji untuk beristirahat dan makan pagi.

Seorang jemaah wanita berinisial NMS kemudian mengaku kehilangan paspor. Setelah dimintai keterangan tim Seksi Perlindungan Jemaah Daerah Kerja Bandara, jemaah diduga tidak sengaja membuang paspornya di tempat sampah.

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

"Paspor jemaah tersebut tidak sengaja terbuang saat dia sedang merapikan kopernya. Sebelumnya, saat merapikan koper, paspor sempat dipegang olehnya," kata Petugas Haji Seksie Linjam, Arifandi kepada Tim MCH.

Petugas Haji membantu mencari paspor jemaah yang hilang.

Photo :
  • MCH 2022 / Zaky Al Yamani
Belum Haji Bolehkah Dipanggil Pak Haji? Begini Buya Yahya Menjelaskan

Sang jemaah baru sadar paspornya tidak ada di tas saat rombongannya hendak diarahkan untuk masuk proses imigrasi. Kemudian sejumlah petugas dengan sigap memeriksa seluruh plastik sampah di sekitar Plaza D.

Setelah dilakukan pencarian cukup lama, akhirnya paspor sang jemaah ditemukan di tumpukan salah satu plastik sampah besar. "Alhamdulillah paspornya sudah ketemu meski agak kotor karena terkena sisa makanan," kata Arifandi.

Beruntung paspor jemaah wanita itu cepat ditemukan. Sehingga dia tidak tertinggal oleh rombongannya. Sang jemaah sendiri sempat panik saat mengetahui paspornya tidak berada di tasnya.

Arifandi pun menghimbau para jemaah untuk berhati-hati dengan barang bawaan mereka. Khususnya terkait berkas atau dokumen penting seperti paspor. Karena jika hilang, itu akan mengganggu proses kepulangan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya