Jokowi Perintahkan Menhub Perpanjang Runway Bandara Komodo

Presiden Joko Widodo saat meresmikan perluasan Bandara Komodo Labuan Bajo
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

VIVA Nasional – Presiden Joko Widodo, hari ini meresmikan perluasan Bandar Udara Internasional Komodo Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Kamis 21 Juli 2022. dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan masih terus menyempurnakan pembangunan Bandara Komodo Labuan Bajo. 

Budi Arie Sebut Hak PDIP Nyatakan Jokowi-Gibran Bukan Kader Lagi

Jokowi mengatakan, untuk saat ini landasan pacu atau runway yang dimiliki Bandara Komodo masih kurang panjang untuk menampung pesawat berbadan lebar. Oleh karena itu, Kepala Negara memerintahkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk memperpanjang landasan pacu di Bandara Komodo ini sekitar 100 meter.

"Kemudian tadi Menteri Perhubungan menyampaikan runway-nya masih kurang. Kalau ditambah 100 meter, sudah wide body bisa masuk. Tambah. Kalau nggak bisa tahun ini, maksimal tahun depan harus, selesai," kata Jokowi saat peresmian Bandara Komodo, Labuan Bajo, yang disiarkan secara langsung oleh akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis 21 Juli 2022

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Bandara Komodo.

Photo :
  • Raden Jihad Akbar/VIVA.

Saat ini, landasan pacu Bandara Komodo memiliki panjang 2.650 meter, namun itu dinilai belum cukup untuk digunakan oleh pesawat yang memiliki badan lebar. Harus ada perpanjangan landasan pacu agar pesawat yang memiliki ukuran besar bisa mendarat.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

"Sehingga pesawat-pesawat dengan penerbangan langsung dari mancanegara bisa langsung turun di Labuan Bajo," ujar Jokowi

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melaporkan progres pekerjaan pengembangan Bandara Komodo, yang menempati kawasan lebih dari 115 hektare dan merupakan gerbang transportasi udara di Pulau Flores. Budi menjelaskan, langkah pembenahan Bandara Komodo ini adalah dalam rangka menindaklanjuti instruksi Presiden Jokowi pada tahun 2019 lalu.

"Guna mendukung 10 destinasi Bali baru, maka kami melakukan improvement pada Bandara Komodo untuk melakukan perluasan fasilitas bandara secara konsisten," kata Budi Karya dalam telekonferensi, Kamis 21 Juli 2022.

Interior Bandara Komodo.

Photo :
  • VIVA/Raden Jihad Akbar

Budi menjelaskan, saat ini dengan panjang landasan pacu atau runway yang dimiliki Bandara Komodo, sudah bisa melayani pesawat tipe Jet Narrow Body. Apabila ada penambahan landasan pacu, maka akan semakin banyak jenis pesawat yang bisa masuk.

"Dan jika ditambah 100 meter akan dimungkinkan mencapai penerbangan 10 jam," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya