6 Tips Sehat dan Aman Jemaah Haji Indonesia di Madinah

Mengaji Quran di Masjid Nabawi.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Jemaah haji Indonesia gelombang kedua hari ini mulai diberangkatkan dari Mekah menuju Madinah, Kamis 21 Juli 2022. Mereka akan menjalani ibadah Arbain (salat berjamaah 40 waktu di Masjid Nabawi) selama delapan atau sembilan hari di Madinah.

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

Kepala Daker Mekah PPIH Arab Saudi, Mukhammad Khanif mengatakan, para jemaah harus menjaga kesehatan. Khanif mengingatkan, jemaah bahwa cuaca di Madinah relatif lebih panas. 

Jemaah diminta untuk membiasakan diri menggunakan alat pelindung, misalnya payung atau lainnya, agar tidak terkena paparan langsung sinar matahari. Jemaah juga diminta untuk memperbanyak minum, tidak menunggu haus untuk minum.

Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

"Simpan dengan baik alas kaki saat ke Masjid Nabawi dan jangan sampai ketinggalan. Alas kaki sangat penting agar kaki jemaah tidak kepanasan atau bahkan melepuh," pesannya.

Kepala Daker Mekah PPIH Arab Saudi, Mukhammad Khanif

Photo :
  • MCH 2022
Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

Ada sejumlah larangan yang juga harus diperhatikan jemaah. Kata Khanif, jemaah diminta tidak mengambil gambar di sekitar Masjid Nabawi secara berlebihan, apalagi sampai membentangkan spanduk. Jemaah juga agar tidak merokok di sekitar Nabawi dan hotel tempat tinggal. 

"Saudi memperketat aturan merokok. Ada denda hingga 200 Riyal Saudi atau sekitar 800 ribu rupiah di tempat-tempat yang dilarang. Misalnya, di Masjid Nabawi dan sekitarnya. Ini harus jadi perhatian jemaah," pesannya.

"Saya juga sampaikan terima kasih kepada jemaah yang selama di Mekah senantiasa tertib dan mematuhi aturan. Semoga menjadi haji mabrur dan sehat hingga kembali ke Tanah Air. Aamiin," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya