Fakta-fakta Paspor Jemaah Haji Ditemukan di Tempat Sampah

Petugas Haji membantu mencari paspor jemaah yang hilang.
Sumber :
  • MCH 2022 / Zaky Al Yamani

VIVA Nasional – Selama proses penyelenggaran ibadah haji 1443 H/2022 berlangsung, ada saja masalah yang kerap terjadi dan dihadapi para petugas yang melayani, membantu hingga mengurusi para jemaah haji

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

Seperti pengalaman tidak biasa yang dialami para petugas haji Daerah Kerja Bandara PPIH ketika melakukan pelepasan jemaah haji kloter 6 PDG yang hendak pulang ke Indonesia pada Rabu 20 Juli 2022.

Di mana baru-baru ini diketahui, adanya salah seorang jemaah haji asal Indonesia yang gelagapan lantaran paspor yang dimiliki hilang begitu saja. Diduga peristiwa ini bermula ketika rombongan jemaah kloter Kloter 6 PDG tiba di Terminal Haji Bandara Jeddah dari Mekah, Rabu pagi. Mereka kemudian diarahkan ke Plaza D Terminal Haji untuk beristirahat dan makan pagi.

Belum Haji Bolehkah Dipanggil Pak Haji? Begini Buya Yahya Menjelaskan

Lantas, bagaimana kronologinya? Berikut ini adapun beberapa fakta-fakta paspor jemaah haji yang ditemukan di tempat sampah:

Petugas Haji membantu mencari paspor jemaah yang hilang.

Photo :
  • MCH 2022 / Zaky Al Yamani
Tak Banyak Masalah, Kemenag Nilai Proses Persiapan Haji Berjalan Baik

Paspor Tidak Sengaja Terbuang

Seorang jemaah wanita yang berinisial NMS tersebut mengaku telah kehilangan paspor ketika hendak pulang ke Indonesia.  Setelah dimintai keterangan tim Seksi Perlindungan Jemaah Daerah Kerja Bandara, jemaah diduga tidak sengaja membuang paspornya di tempat sampah. Dirinya mengaku jika ketika sedang merapikan kopernya, paspor tersebut masih ada di tangannya.

"Paspor jemaah tersebut tidak sengaja terbuang saat dia sedang merapikan kopernya. Sebelumnya, saat merapikan koper, paspor sempat dipegang olehnya," kata Petugas Haji Seksie Linjam, Arifandi kepada Tim MCH.

Ditemukan di Tumpukan Sampah

Jemaah haji rupanya sebelumnya tidak sadar jika paspor miliknya tidak ada di tas. Sadar-sadar, ketika para rombongannya diarahkan untuk masuk proses imigrasi.  Setelah itu, sejumlah petugas dengan sigapnya langsung memeriksa seluruh plastik sampah di sekitaran Plaza D.

Setelah melakukan pencarian cukup lama, paspor miliknya tersebut akhirnya ditemukan di tumpukan plastik sampah berukuran besar.  Paspor ditemukan dalam kondisi kotor, lantaran tertimbun sampah-sampah lainnya dan terkena sisa-sisa bekas makanan kotor.

Ilustrasi paspor dan visa

Photo :
  • Pexels/Mariakrey

Dihimbau agar Jemaah Lainnya Berhati-hati agar Tidak Terulang

Petugas Haji Seksie Linjam, Arifandi memperingati para jemaah haji lainnya agar lebih berhati-hati dengan berbagai barang yang dibawanya. Terlebih, pada berkas maupun dokumen penting seperti paspor ini. Kalau bisa para jemaah haji lebih teliti dan hati-hati saat meletakkan barang-barang miliknya dalam tas.

Pemilik Paspor Gelagapan

Hilangnya paspor yang dialami wanita berinisial NMS itu rupanya membuat jemaah haji tersebut dibuat panik dan gelagapan. Pasalnya selain mengganggu proses pemulangan ke Indonesia, dirinya juga bisa ditinggal oleh rombongan. Untung saja, dia tidak tertinggal oleh rombongan. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya