Kemenag Panggil Youtuber yang Sebut Uang Jemaah Haji Hilang Rp30 Juta

Kepala Daker Mekah PPIH Arab Saudi, Mukhammad Khanif
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA Nasional – Jemaah haji Indonesia mengaku kehilangan uang di kamar hotelnya. Kejadian itu, terjadi pada 15 Juli 2022 di Sektor 5, wilayah Misfalah - Mekah yang dihuni oleh jemaah haji Indonesia asal Provinsi Jawa Barat.

Setelah 9 Tahun, Jemaah Haji Iran Akhirnya Diperbolehkan Datang ke Mekah

“Petugas sudah berkoordinasi dengan pihak manajemen hotel. Setelah dikonfirmasi, dipastikan bahwa uang jemaah tersebut dicuri di kamar, sehingga langsung diganti pada hari itu juga oleh manajemen hotel,” tutur Kepala Daerah Kerja Mekah Mukhammad Khanif (Kemenag) dikutip dari laman Kemenag pada Jumat, 22 Juli 2022. 

Khanif menjelaskan, ada tiga orang jemaah haji yang kehilangan uang. Mereka tinggal di satu kamar yang sama.

BI Catat Uang Beredar Maret 2024 Rp 8.888 Triliun, Naik 7,2 Persen

Jumlahnya berbeda setiap jemaah, yaitu SAR 2500, SAR 900, dan SAR 100. Selain itu, ada pula seorang jemaah haji asal Indonesia yang kehilangan tas kecil dan beberapa dokumen yang ada di dalamnya. 

Foto Arsip: Kedatangan jemaah haji di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Sherly (Tangerang)
Kementerian Haji Meminta Jemaah Umrah Harus Keluar dari Arab Saudi pada 6 Juni

“Jadi total yang hilang 3500 Riyal atau sekitar Rp14 juta. Tidak sampai Rp30 juta sebagaimana yang disebutkan dalam video yang beredar. Semuanya sudah diganti oleh manajemen hotel dan uangnya sudah langsung diterima jemaah,” terang Khanif. 

“Penggantian dilakukan pada hari yang sama. Pihak manajemen hotel sebelumnya minta penjelasan kronologis dari jemaah, lalu menghitung jumlah kerugian, langsung memberikan uang penggantinya,” tambahnya. 

Para jemaah haji di Mekah, Arab Saudi pada ibadah haji.

Photo :
  • AP Photo/Hassan Ammar)

Ia sangat mengapresiasi komitmen dari manajemen hotel yang mengganti uang jemaah haji. Hal ini sejalan dengan perjanjian kontrak sewa akomodasi telah disepakati sejak awal.

Dalam sebuah klausul kontrak dikatakan, jika ada kehilangan dalam kamar jemaah hotel karena dicuri, maka pihak manajemen akan bertanggung jawab atas kehilangan tersebut. 

“Alhamdulillah, manajemen komitmen dan hari itu langsung memberikan ganti,” ungkap Khanif. 

Ribuan Jemaah Haji Tawaf Wada Usai Sholat Subuh

Photo :
  • MCH 2022/Susanto

Khanif juga mengimbau kepada semua jemaah haji Indonesia supaya melaporkan kepada petugas bila mengalami kehilangan di kamar maupun hotel.

Dengan begitu, petugas bisa menindaklanjuti kepada manajemen hotel untuk diproses sebagaimana yang sudah diatur dalam kontrak kerja. Bila memang hilang karena dicuri, tentu saja akan diganti. 

“Peristiwa ini bisa menjadi pelajaran bersama. Sebaiknya jika ada kehilangan, segera saja melapor ke petugas untuk ditindaklanjuti dengan pihak manajemen hotel,” jelasnya. 

Panggil YouTuber

Ribuan Jemaah Haji Tawaf Wada Usai Sholat Subuh

Photo :
  • MCH 2022/Susanto

Ia menyesalkan adanya seorang YouTuber yang membuat konten mengenai jemaah haji yang kehilangan uangnya secara tidak komprehensif.

Konten yang dibuat hanya berhenti pada masalah yang terjadi, dan tidak menerangkan penyelesaian yang telah dilakukan. Terlebih, konten itu tidak terverifikasi dan masih ada keliru, seperti uang yang hilang mencapai Rp30 juta. 

Jemaah haji Indonesia di Bandara (ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/Sherly (Tangerang)

“Hal itu tidak semestinya terjadi jika yang bersangkutan mengkoordinasikan dulu dengan petugas untuk mendapat penjelasan yang lengkap. Tidak semestinya dia membuat konten secara serampangan lalu menguploadnya karena itu bisa memunculkan kesalahpahaman,” ujar Khanif. 

Daker Mekah, kata Khanif, sudah memanggil konten kreator tersebut untuk dimintai klarifikasi dan penjelasan. Dia mengakui kesalahannya dan meminta maaf. 

“Ini sebenarnya tidak perlu terjadi. Dia sudah minta maaf atas kesalahannya dan berjanji tidak mengulangi perbuatannya,” pungkasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya