Kontroversi Roy Suryo, Tak Hafal Lagu Indonesia Raya-Ambil Aset Negara

Roy Suryo.
Sumber :
  • Dok. VIVA/ Anwar Sadat

VIVA Metro – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo ditetapkan polisi sebagai tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur mirip wajah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Meski telah ditetapkan sebagai tersangka, Roy Suryo belum ditahan polisi.

5 Orang jadi Tersangka Baru Korupsi Timah, Siapa Saja Mereka?

Diketahui bahwa Roy Suryo dilaporkan oleh perwakilan umat Budha Nusantara terkait ujaran kebencian SARA soal meme stupa Candi Borobudur yang diedit seperti wajah Presiden Jokowi. Kasusnya pun dilaporkan ke Bareskrim Polri yang kemudian dilimpahkan ke Polda Metro Jaya.

Tak hanya kasus ini, rupanya Roy Suryo mendapati beberapa kontroversi yang juga hebohkan public. Berikut telah kami rangkum beberapa kontroversi yang dilakukan eks Menteri Pemuda dan Olahraga itu.

Akun TikTok Disita, Polisi Pastikan Galih Loss Belum Dapat Untung dari Kontennya

1. Salah jadwal penerbangan

Roy Suryo, Mantan Menpora RI

Photo :
  • VIVA/ Foe Peace Mayel
Remaja yang Tewas di Hotel Jaksel Ternyata Sempat Kejang usai Dicekoki Narkoba

Pada 2011 yang lalu, Roy Suryo gegerkan penumpang pesawat karena kesalahannya sendiri. Seharusnya ia naik pesawat Lion Air pukul 16.15 WIB, tapi diketahui dirinya berangkat pukul 07.45 WIB.

2. Tak hafal lagu kebangsaan Indonesia Raya

Roy Suryo.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Roy Suryo juga sempat dicibir lantaran tak hafal dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya padahal dirinya adalah pejabat. Hal ini diketahui saat Roy Suryo melihat pertandingan sepak bola di stadion Maguwoharjo, Sleman, pada Agustus 2013. Ia terciduk salah menyanyikan lirik lagu Indonesia Raya.

3. Marah-marah di Bandara Soetta

Roy Suryo

Photo :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

Pada 2013 yang lalu, ia marah-marah di Bandara Soekarno-Hatta. Saat itu Roy Suryo ingin membawa enam tas barang ke kabin pesawat. Padahal, ini jelas melanggar aturan. Aturan tersebut menyebutkan bahwa setiap penumpang hanya diperbolehkan membawa maksimal dua barang.

4. Gondol ribuan barang milik Kemenpora

Mantan politikus Demokrat, Roy Suryo.

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Saat masih menjabat sebagai Kemenpora, Roy Suryo diisukan membawa barang-barang rumah tangga milik Kemenpora. Ia pun disuruh mengembalikan asset negara tersebut yang jumlahnya mencapai 3.226 perabotan.

5. Toa masjid

Roy Suryo.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Reza Fajri.

Pada Februari 2022, Roy Suryo membuah gaduh lantaran memotong video Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qounas yang menjelaskan tentang volume toa masjid. Akibatnya, ia dilaporkan atas tuduhan membuah gaduh di masyarakat.

Video yang dipotong yaitu bagian penjelasan Menag soal toleransi sehingga menimbulkan kesalahpahaman di masyarakat dengan membandingkan suara adzan dengan gonggongan anjing.

6. Meme stupa Candi Borobudur

Roy Suryo usai diperiksa Polisi

Photo :
  • VIVA / Yeni Lestari

Kontroversi terbaru yaitu soal meme stupa Candi Borobudur. Roy Surya mengunggah gambar stupa itu yang diedit hingga mirip wajah Presiden Jokowi. Ia mengunggahnya melalui twitternya dan membuat gaduh di media sosial. Ia dituding sebagai salah satu pengunggah gambar meme tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya