Polri Persilahkan Keluarga Brigadir J Libatkan RS TNI untuk Ekshumasi

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo
Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo
Sumber :
  • Polri

VIVA Nasional – Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan mempersilakan pihak keluarga dan pengacara Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat mengajukan dokter dari Rumah Sakit TNI untuk proses autopsi ulang atau ekshumasi.

"Itu disilahkan saja, nanti penasehat hukum kan menyampaikan ke penyidik dan IDFI (Ikatan Dokter Forensik Indonesia)," kata Dedi saat dihubungi wartawan pada Jumat, 22 Juli 2022.

Menurut dia, Polri atau tim khusus sudah berkomunikasi dengan tim dokter forensik. Sementara, tim dokter dari Rumah Sakit TNI merupakan usulan tim pengacara Brigadir J. Tentu, penyidik terus komunikasi dengan pihak pengacara Brigadir J soal tim independen untuk autopsi ulang ini.

"Sudah dikomunikasikan antara penyidik dan Ikatan Dokter Forensik Indonesia, juga penyidik terus akan berkomunikasi dengan penasehat hukum," jelas dia.

Samuel Hutabarat dimakam anaknya, Brigadir J.

Samuel Hutabarat dimakam anaknya, Brigadir J.

Photo :
  • VIVA/ Syarifuddin Nasution.

Sementara, Dedi menyebut pihak kuasa hukum Brigadir J sudah mengajukan surat melibatkan dokter dari Rumah Sakit TNI kepada penyidik. Menurut dia, Polri akan terbuka dalam mengungkap kasus ini.

"Sudah tinggal terus dikomunikasikan penyidik. Pada prinsipnya, penyidik terbuka untuk pembuktian ilmilah oleh para expert agar kasus ini menjadi terang benderang, transparan dan akuntabel," ujarnya.