Jumlah Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia Jadi 66 Orang

Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dimakamkan di Jeddah
Sumber :
  • VIVA/Darmawan/MCH 2019

VIVA – Operasi Penyelenggaraan Haji Tahun 1443H/2022, kemarin Jumat, 22 Juli 2022 sudah memasuki hari ke-49 itu berarti merupakan hari ke-7 masa kepulangan jemaah haji Indonesia yang masuk dalam kategori gelombang pertama.

Ayah Lee Sun Kyun Meninggal Dunia Tiga Bulan Setelah Kematiannya

Adapun jumlah jemaah haji reguler yang telah tiba Tanah Air sebanyak 2.0491 dan jemaah haji khusus sebanyak 3.193 orang. Sementara itu jemaah gelombang kedua yang sudah tiba di Madinah sudah dua kloter dengan jumlah jemaah sebanyak  783 orang

Untuk data jumlah jemaah haji meninggal dan sakit dilaporkan oleh Wawan Djunaedi selaku Kepala Biro HDI Kementerian Agama, melalui siaran pers di kanal YouTube Kemenag Republik Indonesia pada Jumat, 22  Juli 2022 kemarin.

Sopyan Dado Meninggal, Eza Yayang Ucapkan Belasungkawa: Seniman Akting Sejati

ilustrasi jemaah haji meninggal dunia

Photo :
  • MCH 2019/Darmawan

Terkait jumlah jemaah meninggal terakhir disebutkan ada sebanyak 64 orang pada Kamis, 21 Juli 2022 kemarin. Namun, untuk Jumat 22 Juli 2022 dilaporkan untuk total keseluruhan jumlah jemaah meninggal bertambah dua orang atas nama Musri But Untung jenis kelamin perempuan, usia 56 tahun dengan nomor paspor C6472520 kloter SOC 34 asal embarkasi Solo dan Muhammad Ismail Muhammad Musyaffa, jenis kelamin laki-laki, usia 53 tahun dengan nomor paspor C717143 kloter SOC 08 asal embarkasi Solo sehingga jumlah jemaah haji meninggal sampai kemarin sebanyak 66 orang.

Wapres Maruf soal Jemaah Umrah RI Ditangkap di Arab: KJRI Sudah Bantu Advokasi

Sementara, untuk jumlah jemaah sakit, totalnya ada  sebanyak 106 orang, diantaranya 29  orang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi dan 77 lainnya dirawat di klinik kesehatan haji Indonesia Mekah.

Wawan Djunaedi selaku Kepala Biro HDI Kementerian Agama mengingatkan, jika hingga saat ini masih banyak yang sakit dan dirawat di klinik kesehatan haji Indonesia maupun di Rumah Sakit Arab Saudi kami perlu sampaikan adanya program pendampingan bagi jemaah sakit sebagai berikut:

Pendampingan diberikan kepada jemaah sakit yang dirawat KKHI maupun di Rumah Sakit Arab Saudi , baik berada di Madinah, Mekah, maupun Jeddah. Pendampingan bagi jemaah sakit meliputi tata cara bersuci, cara melaksanakan sholat, pendampingan doa-doa maupun pembacaan zikir, hingga memberikan motivasi dan semangat agar jemaah merasa nyaman dan tenang.

Para jemaah haji gelombang pertama tiba di Tanah Air.

Photo :
  • Sadam Maulana

Pada Jumat Kemarin, 22 Juli 2022 telah dipulangkan sebanyak 7 kloter menuju 5 debarkasi, yakni JKG Jakarta Garuda Pondok Gede, JKS Saudi Bekasi, NES Meda, SOC Solo, dan SUB Surabaya dengan jumlah sebanyak 2769 orang dengan rincian sebagai berikut:

  • JKG satu kloter dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 393 orang
  • JKS dua kloter dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 819 orang
  • MES satu kloter dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 391 orang
  • SOC dua kloter dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 720 orang
  • SUB satu kloter dengan jumlah jemaah dan petugas sebanyak 446 orang

Untuk informasi kondisi cuaca di Mekah Al-Mukarramah dan sekitarnya saat ini dilaporkan rata-rata suhu tertinggi 37 derajat celcius dan di Madinah Al-Munawwaroh 38 derajat celcius.

“Kami tetap menghimbau kepada para jemaah haji Indonesia jangan menunggu haus untuk minum tetap selalu menggunakan masker ketika berkumpul di ruangan baik di tempat akomodasi ataupun hotel maupun saat berada di Masjidil Haram dan di Masjid Nabawi,” imbau Wawan Djunaedi dalam siaran persnya.

Dalam rangka memaksimalkan pengawasan dan mengoptimalkan upaya pencegahan dan pengendalian COVID-19, khususnya terhadap jemaah haji yang kembali ke Tanah Air. Sesuai arahan Menteri Kesehatan RI, maka ketentuan pemeriksaan antigen yang semula hanya dilakukan terhadap 10 persen dari jumlah jemaah setiap kelompok terbang jadi dilakukan terhadap seluruh jemaah haji yang kembali ke Indonesia. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya