Kronologi Jemaah Haji Wafat di Dalam Pesawat

Jemaah haji melakukan Tawaf Wada
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA – Seorang jemaah haji asal Magelang, Jawa Tengah, yang tergabung kloter 12 Debarkasi Solo, meninggal dunia di dalam pesawat saat perjalanan pulang ke Tanah Air, Sabtu 23 Juli 2022.

Kisah 1 Gereja Pengin Naik Haji, Ustaz Khalid Basalamah: Orang Berjiwa muslim Tak Kekal di Neraka

Seorang haji meninggal tersebut setibanya di Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, sekitar pukul 17.34 WIB langsung diturunkan dan dibawa mobil ambulance menuju Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Jenazah asal Kabupaten Magelang tersebut kemudian diserahkan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo H. Musta'in Ahmad, yang juga menjabat Kepala Kanwil Kemenag jateng kepada pihak keluarga di Asrama Haji Donohudan Boyolali.

Tahap II Ditutup, Kemenag Sebut 194.744 Jemaah Reguler Lunasi Biaya Haji

Menurut Ketua PPIH Debarkasi Solo H. Musta'in Ahmad seorang haji yang meninggal di dalam pesawat tersebut atas nama Heru Purwanto Alwi (63), warga Kabupaten Magelang.

Musta'in menjelaskan seorang haji tersebut meninggal saat penerbangan pemulangan dari Jedah Arab Saudi menuju Bandara Adi Soemarmo di Boyolali atau dalam waktu penerbangan selama tujuh jam.

Tahap II Ditutup, 194.744 Jemaah Reguler Lunasi Biaya Haji

"Haji ini, sejak awal memang ada pendampingan karena faktor usia dan komorbid yang ada terhadap almarhum," kata Musta'in usai menyerahkan jenazah kepada pihak keluarga di Asrama haji Donohudan Boyolali.

Almarhum memang sejak awal masuk kategori resiko tinggi (resti). Namun, sebelum diterbangkan kembali ke Tanah Air, beliau sudah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan layak terbang.

Namun, beliau dalam perjalanan pulang ke Tanah Air telah dipanggil oleh Allah dan mudah-mudah hajinya mabrur husnul khotimah. Kementerian Agama khusus Debarkasi Solo turut berduka cita atas wafatnya H Heru.

Sementara itu, Koordinator Humas PPIH Debarkasi Solo Sarip Sahrul Samsudin menambahkan PPIH Debarkasi telah menyambut kedatangan jamaah haji kloter 12 asal Kabupaten Magelang dan Klaten dengan membawa 360 penumpang. Haji kloter 12 telah mendarat di Bandara Adi Soemarmo, pukul 17.34 WIB.

Namun, haji kloter 12 tersebut ada kabar duka salah satu jamaah asal Kabupaten Magelang Heru Purwanto (63), warga Jalan Cempaka 26 Saragan RT 06/08 Banyurojo Kecamatan Mertoyudan, meninggal dunia di dalam pesawat karena sakit gangguan jantung, dimana penumpang pesawat yang memilik komorbit penyakit kardiovasculer beresiko tinggi saat penerbangan.

Almarhum Heru Purwanto dilaporkan meninggal dunia sekitar pukul 12.05 WIB atau dua jam sebelum mendarat di Bandara Kuala Namu Medan Sumatera Utara. Jenazah setibanya di Asrama Haji Donohudan Boyolali telah diserahkan ke pihak keluarga langsung dibawa pulang ke Magelang untuk dimakamkan.

Sementara itu, jumlah haji Debarkasi Solo hingga masa pemulangan kloter 12 sebanyak 4.313 jamaah yang sudah dipulangkan ke daerahnya masing-masing. Sedangkan, jamaah Debarkasi Solo meninggal di Tanah Suci ada 14 orang dan satu orang di dalam pesawat saat perjalan ke Tanah Air, sehingga total menjadi 15 orang. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya